[Profil] F(x)

(ki-ka; Luna, Sulli, Victoria, Amber dan Krystal)

F(x) merupakan girl group naungan SM Entertaiment yang memulai debutnya pada 2009, dengan genre Kpop, dance-pop. Debut pada tahun 2009 dengan dirilisnya teaser grup F(x) oleh SM Entertaiment melalui Youtube. Pada tanggal 24 Agustus sampai lima hari berikutnya karena rilis profil dari anggotanya dilakukan satu-persatu. Pada 1 September single pertama mereka yang berjudul “La cha ta” telah dirilis dan memulai perform di Samseong-dong fashion center pada tanggal 2 September. Di tahun berikutnya Luna dan Krystal mengisi soundtrack drama “Invicible Lee pyung kang” dengan lagu duet Hard but easy.

Victoria
Nama asli; Song Xian
Lahir; Qiangdong, Shangdong, China. 2 Februari 1987
Posisi; Leader, main-dance, vocal
Pemilik bintang aquarius ini memutuskan untuk kuliah di “Beijing Dance Academy” dengan jurusan “tarian etnik cina” setelah lulus dari SMA. Pada tahun 2007 Victoria mengikuti kompetisi tari di Beijing, dan kemudian mendapat rekomendasi untuk mengikuti audisi SM Entertaiment. Dan di bulan yang sama Victoria mendapatkan tawaran menjadi model, dan dimulailah karir Viktoria sebagai model di korea. Iklan pertamanya adalah “spris”, dipangkan dengan aktor-penyanyi Lee jun ki pada tahun 2008. Dan iklan lainnya ubtuk seragam sekolah dengan merek “smart” dengan SHINEe, CF Samsung anycall anydream untuk Cina bersama Rain dan berfoto bersam SHINEe dalam majalah Vogue Girl. Selain itu Victoria juga menjadi model dibeberapa MV seperti “Noona is so pretty” SHINEe, “In my heart someday” Kangta, dan “U” Super junior M. Di tahun 2010 ini Victoria juga menjadi bintang dalam beberapa TV show seperti di “Hello f(x)”, “Invicible Youth” dan “MBC we got married” yang dipasangkan dengan Nickun (2PM).

Amber
Nama asli; Amber Josephine Liu
Lahir; 18 September 1992
Posisi; Vocal, sub-rapper

Luna
Nama asli; Park Sun Young
Lahir; 12 Agustus 1993
Posisi; Main-rapper, vocal

Sulli
Nama asli; Choi Jin Ri
Lahir; Yangsan, Gyeongsang selatan, Korea selatan. 29 Maret 1994
Posisi; Vocal, sub-rapper
Anggota F(x) tercute ini memulai karirnya sebagai aktris cilik pada tahun 2005, yaitu pada usianya yang ke 11 tahun. Peran pertama yang diperoleh Sulli adalah sebagai Putri Sun-hwa muda dalam drama “The ballad of Seo-dong” yang ditayangkan di SBS tv, selang satu bulan Sulli kembali mendapatkan peran di drama “Love needs a miracle” walau hanya sebagai bintang tamu. Di tahun 2006 mengikuti drama teater “Vacation” sebagai peran pembantu dengan Micky Yoochun (TVXQ), “Punch lady” dan “Flower girl” pada tahun 2007 dan “BABO” ditahun 2008. Sedangakn karir musiknya dimulai tahun 2009, saat tergabung dalam girlgroup F(x).
Selain bernyanyi kegiatan Sulli adalah sebagai pembawa acara dalam berapa TV show seperti “SBS Inkigayo” bersama Taecyeon dan Wooyoung (2PM) yang kemudian digantikan dengan Yong hwa (CN-Blue) dan Jokwon (2AM). Seperti halnya dengan Victoria Sulli juga memiliki beberapa iklan seperti LG Cyon chocolate phone, Nana’s Acness (2009) dan Pepero.
Krystal
Nama asli; Jung Soo Jung
Lahir; San Francisco, California, USA. 24 Oktober 1994
Posisi; Laed-vocal
Pendidikan; Korea International School “Korea Kent Foerign School” dan SMA di Korean High School apecializing in entertaiment and arts, “Hanlim High”.
Krystal tergabung dalam agency SM Entertaiment sejak tahun 2000, dengan kemunculannya dalam MV Shinwa yang berjudul “Wedding march”, Still believe-Rain (2006), Juliette-SHINEe (2009), Sweet dreams-Alex (2010) dan Melody-Krystal (2010). Agency dapat melihat potensi Krystal, sehingga memberikan les menyanyi dan menari untuknya agar dapat menjadi penyanyi dan penari yang profesional. Di tahun 2002 Krystal menjadi model iklan “Lotte chaurin green tea” dengan aktris Han ga in, dan beberapa iklan lainnya Yuhan kimberly, Ohdduki curry dan EO ditahun 2003, Korea life dan Yoon’s english academy pada tahun 2006, Bakhakchun language bible, SK LG Telecom, Lotte chilsung cider, sedangkan ditahun 2010 ini Clean and clear bersama Seohyun (SNSD).

F(x) sandiri baru merilis satu Mini album, “Nu ABO” yang baru dirilis di tahun 2010 ini. Sedangkan beberapa single yang telah mereka promosikan diantaranya “LA chA TA” yang dirilis pada 1 September 2009, “Chu” pada 9 November 2009, dan single yang dirilis pada tahun 2010 ini adalah “Thrill love” pada bulan Maret, “Nu ABO” di bulan Mei dan “Mr. Boogie” pada 17 Juli bulan lalu.

Selain itu F(x) juga berkolaborasi dalam iklan LG Cyon phone pada tahun 2007 “Chocolate love” dan “Lollipop”, dan beberapa soundtrack seperti “hard but easy” dalam drama Invicible Lee pyung kang, “spread its wings” yang dinyanyikan Luna, Amber dan Krystal dalam drama God of study, “sing/calling out” pada drama Cinderella’s sister yang dinyanyikan oleh Luna dan Krystal.

Video musik yang telah dibuat antara lain “La cha ta”, “Chocolate love” dan “Chu” di tahun 2009 dan “Nu abo” pada tahun 2010 ini.

Dan beberapa penghargaan yang telah diraih F(x) adalah;
*Cyworld Digital Music Awards 2009: Rookie of the Month (September) (LA chA TA)
*7th Republic of Korea Cultural Entertainment 2009: Newcomer Award
*17th Annual Korean Entertainment Awards 2009: Best Newcomer Award

Ini piku mereka dengan pakaian tradisonal korea, hanbok

Cre; wikipedia

Iklan

Satu pemikiran pada “[Profil] F(x)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s