[Rekap Drama] Dong Yi, Jewel In The Crown Episode 11-15

Dong Yi Episode 11

Para pengawal Sukjong bertempur dengan penjahat yang salah satunya menodongkan pisau ke leher Dong Yi, para penjahat pun kalah dan Sukjong mengirim mereka ke kantor polisi.

Dong Yi kaget kenapa Sukjong berada ditempat itu padahal sebelumnya Dong Yi mencari-cari Sukjong namun yang dicari nggak ketemu-ketemu.
Malah pejabat pemerintahan bilang bahwa Ban Gwan Da Ri (penyamaran Sukjong) tidak mengenal Dong Yi.

Oh Tae Seok mendengar berita ini dari Oh Yun bahwa Sukjong menyelamatkan Dong Yi, dia bingung, Raja menyelamatkan pelayan.

Seo Yong Gil memberi salam pada Sukjong di kantor polisi. Sukjong berkata ia bertemu Dong Yi dalam perjalanan ke sini dan ia sudah tahu masalahnya. Seo Yong Gil mengiyakan, Sukjong ingin melihat mayat tukang obat itu sekarang. Seo yong Gil mengerti dan menunjukkan jalan pada Sukjong.
Selama perjalanan ke kantor polisi Sukjong berkata ke Seo Yong Gil dia bertemu den gan Dong Yi dan menjelaskan bahwa Dong Yi sudah tahu masalahnya, maka Sukjong segera menyuruh ahli koroner untuk mengoleskan cuka pada jari mayat itu dan mengusapnya dengan kain putih, dan Seo Yong Gil berkata ke ahli koroner agar mengulangi lagi percobaan tersebut. Dan hasilnya ada noda merah di kain putih itu.

Terbukti bahwa tukang obat tersebut tidak menyentuh Ban Ha di hari kematiannya. Dan obat di kediaman Lady Jang tidak mengandung Ban Ha. Sukjong mengerti kenapa Dong Yi mencarinya.

Sementara di Istana dibagian penyelidikan kaget, karena masalah ini semua bisa diselesaikan oleh Dong Yi yang hanya seorang pelayan rendahan.

Dan Lady Jang tidak jadi dihukum di Uigyeongbu, dan ibusuri pun kaget karena yang membebaskan Lady Jang adalah anaknya sendiri.
Dong Yi menghadap dan memberi hormat di kediaman Lady Jang . Dong Yi tersenyum pada Lady Jang. Lady Jang berkata ia tidak tahu darimana ia harus mulai berterima kasih, Dong Yi berkata perasaan yang saling terkait ini sudah lebih dari kata-kata, Dong Yi berkata tidak sepatutnya Lady Jang berterima kasih, dia bukanlah orang yang istimewa.

Karena Ia percaya Lady Jang tidak akan melakukan tindakan kotor, maka ia memutuskan mencari bukti-bukti, lalu ia mencari jawaban dari mayat itu,
Lady Jang berkata Dong Yi tidak benar, baginya Dong Yi adalah anak paling berharga yang pernah ia jumpai. Bertemu Dong Yi membuatnya menjadi orang paling beruntung dan diberkahi di dunia ini. Dong Yi kaget. Jang Ok Jung mengangguk.
Sukjong kesal, Lady Jang dijadikan kambing hitam. Menteri Jung merasa tidak tenang. Dan semuanya ini hanya berlangsung dalam kurun waktu satu bulan, bahkan mengorbankan keselamatan Ratu! Semua menteri minta ampun.
Sukjong meminta Seo Yong Gil membantu menemukan dalangnya ( sok ajah kalau ketemu wong dalangnya Ibu anda Baginda ckckckckck).

Sukjong pergi ke kediaman Lady Jang, Sukjong tanya apa Lady Jang kecewa padanya.
Lady Jang menjawab bahwa hanya ditengok bagindapun saya puas, dan ini semua berkat Dong Yi.

Cha Cheon Soo menyewa kamar di tempat nya Yeong Dal, dia bertanya apa Cha Cheon Soo adalah orang yang direkomendasikan oleh tuan Choi dari kepolisian yang cari kamar sewa.

Sementara itu Jang Hee Jae kakak Lady Jang tiba di Hanseong. Dan dia bertemu Dong Yi lalu mengamati Dong Yi dari atas sampai bawah.
Lady Jang senang bertemu kakaknya. Jang Hee Jae memberi hormat dengan formal di depan Lady Jang.

Lady Jang berkata pada Hee Jae, ini adalah saat yang mereka nanti-nantikan, apa kau ingat aku sudah bersumpah sebelum aku masuk istana bahwa aku akan mampu menjadi yang tertinggi dalam kaputren dan Lady Jang akan memperalat Dong Yi, namun kakaknya tidak setuju dengan rencana adiknya.

Sukjong ke pasar (mungkin karena kangen Dong Yi). Dong yi menyangka bahwa itu semua kebetulan (padahal sudah direncanakan xixixi) .
Sukjong membawa Dong Yi ke tengah pasar, dan Dong Yi disuruh belanja (ayo Dong Yi kapan lagi ditraktir Raja).

Kemudian mereka, Dong Yi, Sukjong, Yeong Dal dan Hwang Ju Sik minum dan makan bareng. Karena Sukjonglah, departemen musik bisa merasakan jamuan makan seperti Raja, benar-benar kehormatan bagi mereka.

Hwang Ju Shik kaget dan berkata agar Sukjong jangan sembarangan menyebut hal itu kalau ia tidak ingin kena hukuman. Oh Ju hanya bisa diberikan oleh Raja. Dong Yi juga berkata ia sudah mengingatkan Sukjong sebelumnya. Hwang Ju Shik berkata Sukjong mirip Raja. Sukjong tanya benarkah? Hwang Ju Shik berkata ia pernah melihat Raja dari kejauhan dan mirip sekali dengan Sukjong.
Hwang Ju shik berkata bahwa Raja mirip dengan pejabat Ban Gwan Da Ri
Dong Yi, Oh begitu…(ya iyalah Dong Yi kan belum ketemu raja yang sebenarnya).

Yeong Dal bertanya pada Dong Yi, suka tipe pria seperti apa.
Ternyata Dong Yi suka pria yang berkulit gelap dan badannya kekar
Sukjong kaget mungkin dia bukan tipe yang seperti Dong Yi katakan.

Setelah jalan-jalan dan makan bareng mereka kembali ke istana.

Yeong Dal lari mencari Dong Yi di Dept. Musik karena petugas istana mencari Dong Yi. Dong Yi kaget.
Petugas, “Pelayan Dept Musik, Cheon Dong Yi terima perintah kerajaan dari Nae Su Sal.”
Hwang Ju Shik menyuruh Dong Yi maju dan menerima perintah. Dong Yi maju dan berlutut.

“Pelayan Dept. musik Cheon Dong Yi terima perintah kerajaan dari Nae Su Sal. Hari ini tahun Byeongin bulan 3, hari 11 memerintahkan pelayan Dept. musik Cheon Dong Yi untuk mengubah statusnya menjadi Guneo Na Myeong Bu akan bertugas di biro penyelidik internal. Maka Cheon Dong Yi akan memiliki jabatan Guneo di biro penyelidik internal dan terima Perintah Kerajaan ini selesai.”

Semua pelayan Dept. musik kaget. Hwang Ju Shik mencubit dirinya
Dong Yi masih shock dan bingung karena tiba-tiba menjadi Guneo di Biro Penyelidik Internal.

Dong Yi Episode 12

Oh Ho Yang melapor pada ayahnya kenapa tiba-tiba Dong Yi menjadi Guneo di Biro Penyelidik Internal dan meminta bantuan ayahnya untuk menyelidikinya.
Dong Yi melamun kenapa Raja tiba-tiba menghadiahinya status.

Departemen internal ribut, para dayang berkata bahwa Lady Jang Ok Jung yang sudah mempromosikan status Dong Yi melalui Raja. Karena Raja pun mengakui kemampuannya.

Semua staf biro internal merasa kesal karena tiba-tiba Dong Yi yang hanya pelayan rendahan tiba-tiba menjadi Gungnyeo, sedangkan meraka masuk melalu test beberapa tahap, (nepotisme berlaku xixixi KKN raja ini).

Ibu Suri Myeongseong tidak tinggal diam beliau mengunjungi Ratu karena walau bagaimana pun wewenangan keputren ada di tangan sang Ratu.
Tapi ratu menjelaskan bahwa ini bukan hanya promosi dari lady Jang karena dia yang mengijinkan Dong Yi agar menjadi Gungnyeo biro penyelidik internal, karena Dong Yi memiliki kemampuan dan bisa membuktikan apa yang tidak bisa dilakukan oleh biro itu sendiri, dan Ibu Suri pun terdiam, karena biasanya dikelas bawah (cheongnim) tidak bisa langsung menjadi biro penyelidik.
Anggota staf biro masih belum bisa percaya dan menerima keputusan ini.

Di kediaman Ratu, Lady Jang memberi hormat pada Ratu. Lady Jang berterima kasih pada Ratu karena menyetujui promosi Dong Yi. Ratu berkata tidak perlu berterima kasih, ia juga menilai Dong Yi pantas untuk diangkat.

Sementara itu Seo Yong Gil mendapat laporan kalau pelayan yang bertemu mereka beberapa waktu lalu sekarang sudah diangkat menjadi Gungnyeo dan akan bergabung dalam biro penyelidik internal dan bawahannya memperkenalkan Jang Hee Jae ke Seo Yong Gil bahwa dia adalah Kapten yang baru saja ditunjuk Oh Tae Sok.

Cha Cheon Soo yang sedang menyamar sebagai pegawai di kepolisian sedang bersama koroner, ia berkata akan membantu mengatur dokumen forensik di perpustakaan.
Cha Cheon Soo pergi ke perpustakaan dan saat ia memeriksa beberapa dokumen Jang Hee Jae masuk dan bilang Cha Cheon Soo tidak perlu panik.

Hwang Ju Shik mengadakan jamuan makan untuk Dong Yi di Dept. musik
Hwang Ju Shik bersikeras Dong Yi harus membawa haegeum, ia yang akan bertanggung jawab akan konsekuensinya.

Dong Yi melihat untuk terakhir kali biro musik dan ia melihat haegeumnya, ia ingat saat memberi kue pada ayah dan kakaknya kemudian melihat ke langit dan berkata pada ayahnya ia akan meninggalkan biro musik, ia akan menjadi Gungnyeo, ia gugup tapi ia ingin mencobanya, bukankah ayah berkata jika ia punya hati bangsawan maka ia adalah bangsawan. Dong Yi minta ayahnya menolongnya dan ia memeluk haegeum-nya.

Sukjong menghela napas bahwa semuanya terselesaikan dengan baik, dan dia berpikir Dong Yi cepat atau lambat akan tahu ia bukan Ban Gwan Da Ri, ia adalah Raja.

Inspektur Yoon memeriksa staf biro , Min Ji lapor bahwa Dong Yi sudah datang. Inspektur Yoon melihat Dong Yi seperti melecehkan. Dong Yi kemudian memberi salam. Inspektur Yoon menyuruh Dong Yi menemui Dayang Jejo.

Dong Yi menghadap kepala biro internal. Dong Yi diberi ultimatum bahwa dibiro penyelidikan punya disiplin tinggi, jika Dong Yi hanya Cheonmin, tapi sekarang ia di biro internal, Dong Yi harus meninggalkan kebiasaan Cheonminnya.

Semua Staf di biro internal tidak suka dengan Dong Yi. Walaupun Dong Yi berusaha ramah , Dong Yi menghela nafas. Dayang Jeong masuk dan berkata agar Dong Yi jangan mengambil hati kata-kata dan perlakuan teman-temannya itu. Mereka iri dengan keberadaan Dong Yi yang tiba-tiba di biro penyelidik,sedangkan mereka harus dididik selama 10 tahun agar bisa menjadi gunyeo..(kedokteran aja palingan 5 tahun ya kan saa halah lama amat 10tahun bulukan 😀)

Seluruh staf biro sedang belajar, Inspektur Yoon masuk lalu bertanya dimana Dong Yi,sedangkan Dong Yi di kamarnya,dayang Yoon bilang dia juga sekarang anggota biro maka Dong Yi harus ikut kelas dan juga ujian. Tetapi Dong Yi tidak bisa mengikuti kelas :D.
Karena sebelumnya dia ga pernah belajar arti Doktrin (ajaran Confusius), apa Dong Yi pernah membacanya. Dong yi tidak pernah membaca ajaran seperti itu. Inspektur Yoon berkata baiklah, dan minta Dong yi membacanya. Dong Yi berterima kasih pada Inspektur Yoon.
Dayang Bong dan Jeong curiga mengapa Inspektur Yoon tiba-tiba berubah menjadi sangat baik pada Dong Yi, Inspektur Yoon tersenyum.

Di balik itu Ibu Suri berencana mengirim Dong Yi kembali ke biro musik. Ibu Suri menjamin bahwa dalam 3 hari Dong Yi tidak bisa mengikuti sebagai gunyeo.

Jang Hee Jae membuat penawaran dengan Bae Soo Bin (halah cha cheon soo) karena kepergok mengikuti kegiatan Jang Hee Jae. Anak buah Jang tahu mereka diikuti tapi tidak sebanding dengan Cha Cheon Soo. Cha Cheon Soo menjadi pelayan Jang sebaliknya Cha Cheon Soo akan menerima apa yang dia cari selama in.

Malam hari , Dong Yi belajar dan membaca semua aturan dan doktrin istana kemudian dia mengeluh teringat staff biro berkata bahwa Dong Yi masuk dengan tiket gratis (KKN kali) bukannya karena latar belakangnya. Dong Yi harus menunjukkan kemampuannya jadi ia harus semangat.

Dayang Jejo kaget bahwa Dong Yi ikut ujian. Inspektur Yoon bagian dari penyidik maka harus ikut ujian. Dayang Jeong dengan tidak yakin bilang bagaimana dia bisa ikut .

Di sisi lain Dong Yi kaget saat namanya terdaftar dalam ujian, lalu
Dong Yi datang dan duduk di ruang ujian. Jeong Eum dan Shi Bi kaget dan staf lain pada bengong.
Ujian di mulai Inspektur Yoon mengumumkan materi ujian ( inget jang geum waktu pertama kali di test saat dia masih kecil banget trus ngikutin dari luar ruangan). Tentang ajaran confusius. Mereka harus mengartikannya tanpa melihat teks.

Sedangkan Dong Yi belum pernah membaca bukunya. Dan dia tidak tahu aturan dalam ujian-ujian tahunan untuk Biro penyelidik internal.
Jeong Eum berkata bahwa ujian ini punya aturan, jika mereka tidak bisa memenuhi standar penilaian, maka gungnyeo itu akan dikeluarkan dari biro.
Dong Yi tentunya kaget.

Dong Yi Episode 13

Waktu Ujian telah tiba. Inspektur Yoo memulai ujian, dan para Guneo datang berpasangan untuk mengucapkan teks di depan Inspektur Yoo.

Dayang Jeong memanggil Ae Yang dan Lan Yi, mereka diminta menjelaskan bab 20 dari Doktrin, “Ketulusan adalah cara langit.” Dia yang memiliki ketulusan adalah dia yang memilih apa yang benar dan dengan teguh memegangnya hingga akhir.
Inspektur Yoo mengumumkan bahwa Ae Yang dan Lan Yi lulus ujian.

Satu persatu staff biro mulai mengikuti testnya, saatnya Jung Im (kelak yang akan berpihak pada Dong Yi) dan Dong Yi maju.
Dia mengambil soal dan mendapat bab 28, “Tidak seorangpun selain Putra Langit yang berhak memimpin upacara, memperbaiki ukuran-ukuran, dan menentukan karakter yang tertulis. Inspektur Yoo meluluskan Jung Im, sekarang Dong Yi.
Dong Yi kebagian bab 26, “Untuk keseluruhan ketulusan perlu usaha terus menerus” Dong Yi membacanya. Tapi Dong Yi tidak meneruskannya”. Inspektur tidak meluluskan Dong Yi.

Dong Yi lari mengejar Inspektur Yoo dan minta kelonggaran karena Dong Yi belum pernah membaca buku doktrin.

Jung Im berkata mereka seharusnya malu karena ujian ini. Ini semua taktik untuk mengeluarkan Dong Yi.

Pelayan Lady Jang berlari menemui Lady Jang. melaporkan bahwa Dong Yi mengikuti ujian di Biro penyelidik, Jang Ok Jung kesal, dia hanya bisa berdoa, Dong Yi bisa melewati halangan ini demi mereka berdua.

Sementara itu di kediaman Ratu.
Ibu Suri Myeongseong melarang Ratu Inhyeon ikut campur. Karena jika Ratu menolong Dong Yi, berarti ia juga menolong Lady Jang.

Dong Yi pergi ke perpustakaan biro, ia membaca buku-buku aturan Biro, Dong Yi menemukan buku “Aturan-aturan Biro Penyelidik Internal” dari buku tersebut Dong Yi merasa ujian kali ini janggal. Bahwa ujian menghapal doktrin hanya bisa dijalankan oleh orang yang sudah mempelajari keseluruhan buku dari semester akhir, makanya dia yang baru saja berapa hari tidak bisa.
Akhirnya Dong Yi berlutut sepanjang hari walau hujan turun dia meminta keadilan.

Dayang Jeong datang dan memayungi Dong Yi dan berkata mereka tidak akan mengubah keputusan mereka. Dong Yi bersikeras untuk berlutut sampai ada kesempatan kedua baginya. Dong Yi ditemukan pingsan di halaman depan kantor oleh staff biro penyelidik, Jung Im langsung memeriksa Dong Yi dan memanggil tabib.(poor Dong Yi ).

Ratu In Hyeon benar-benar kecewa dengan Biro Penyelidik, walau beberapa petingi biro menjelaskan ratu tetap tidak mendengarkan ratu hanya ingin para petinggi biro penyelidik bertanggung jawab atas insiden ini.
Kemudia Ratu menyuruh Dong Yi untuk menghadap ke kediamannya setelah sadar
Ratu ingin mengenal seperti apa Dong Yi, dan ratu memberikan Dong Yi kesempatan kedua dan Dong Yi harus lulus ujian ini, jika tidak dia harus mengundurkan diri.

Sementara Dong Yi dipanggil, di kantor biro penyelidik Inspektur Yoo diturunkan jabatannya digantikan Dayang Jeong ( ini yang jadi ibunya Janggeum)
tugas pertama Dayang Jeong memanggil Dong Yi untuk mengulang ujian Dong Yi selama 3 hari dan lagi Ban Gwan dari kita 😀 membantu Dong Yi dalam belajar dan menghapal doktrin (wah senangnya).

Hari esoknya, staf biro penyelidik berkumpul. Ini adalah ujian ke dua, pesertanya Dong Yi dan Eun Geum. Jeong Sang Gung minta Eun Geum memulai lebih dulu. Eun Geum mendapat soal Bab 20. Giliran Dong Yi. Saat membuka soal malah tersenyum soalnya itu soal persis sama dengan yang diajarkan Sukjong semalam. Dan dia lulus karena melapalkan doktrin dengan fasih dan jelas.

Ibu Suri bersikeras menentang pengangkatan Jang Ok Jung sebagai selir akhirnya semua pejabat dikumpulkan.
Petugas dari Uigyeongbu dan kepolisian akan datang mengajar Dept. penyelidik internal.
Untuk menyambut petugas dari Uigyeongbu dan kepolisian.Para staff berdandan sampe Dayang Bong juga ikut berdandan ckckckck .

Cha Cheon Soo dibawa Hwang Jung Gun ke istana karena dia adalah petugas honorer dibagian koroner. Dan untuk membantu materi penyelidikan.
Dayang Jeong dan Bong menyambut mereka. Seo Yong Gil masuk kelas dan minta materinya disiapkan. Semua Guneo bersemangat dan Bong Sang Gung juga.

Akhirnya Dong Yi bertemu Seo Yong Gil, semenjak Dong Yi menjadi Guneo baru kali ini bertemu lagi dan Seo Yong Gil memberi beberapa referensi buku untuk belajar .

Cha Cheon Soo sudah merapikan anatomi tubuh dan mengikuti di belakang Seo Yong Gi. Dong Yi berbalik. Saat Dong Yi berbalik, Cha Cheon Soo berbalik dan melihat seorang Guneo sekilas.

Dong Yi bertemu Yeong Dal dan Hwang Ju Shik ,
Yeong Dal curhat, ada petugas honorer dari kepolisian menyewa kamarnya dia mencurigakan, ingin mengusir orang tersebut tapi dia tidak tahu caranya dan parahnya Yeong Dal nggak tahu nama orang tersebut (parah banget nyewain kamar ga tahu nama orang yang mau nyewa dasarrrrr pabo) kemudian dia menyerahkan ikat kepala yang dia temukan.
Dong Yi yang kaget karena Ikat kepala itu miliknya bertanya apa ini milik orang yang menyewa itu,Yeong Dal mengiyakan.

Dong Yi langsung lari ke kantor polisi dan menanyakan ke polisi apakah petugas honorer ada,lalu petugas polisi tersebut bilang apakah Cha Cheon Soo, Dong Yi shock tidak percaya bahwa kakak angkatnya masih hidup.

Dong Yi Episode 14

Dong Yi yang masih shock keluar dari kantor polisi apakah ini Cha Cheon Soo kakak angkatnya.
Sementara itu orang yang dicari sedang membantu Jang Hee Jae menyelundupkan senjata.

Cha Cheon Soo pulang telat, sampai kamar dia menyadari ikat kepalanya hilang. Yeong Dal di tikung Cha Cheon Soo di mana ikat kepalanya,Yeong Dal berkata memberikan ikat kepala ke Guneo dari biro internal. Gadis yang ia anggap sebagai adiknya. Saat ia melihat ikat kepala itu, ia langsung lari ke kantor polisi mencari kamu.

Cha Cheon Soo bertanya apa Guneo itu mengenali ikat kepalanya, Yeong Dal mengiyakan. Dong Yi mengenalinya kemudian terburu-buru pergi ke kantor polisi untuk mencari Cha Cheon Soo.
Alhasil Cha Cheon Soo kaget apa yang kamu tadi sebutkan Guneo itu Dong Yi.
Shockkkkk lagi ternyata yang selama ini dia cari ada di sekitarnya.
Jang Hee Jae mendengar ada Guneo dari biro penyelidik yang mencari Cha Cheon Soo di kantor polisi.

Dong Yi menunggu Hwang Ju shik sementara Hwang Ju Shik gelisah, karena Yeong Dal tidak kembali ke Dept. musik. Dong Yi kaget dan ia langsung lari ke rumah Yeong Dal dan diikuti beberapa pria (suruhan JHJ) setelah sampai rumah Yeong Dal, Dong Yi dikepung, kemudia Cha Cheon Soo menjatuhkannya satu persatu.

Setelah aman Dong Yi mendekati Cha Cheon Soo, seakan tidak percaya bahwa teman kakaknya masih hidup, bahwa kakak angkatnya masih ada di depan dia.(LEBAY akh xixi bikin nagis) dan Cha Cheon Soo pun tak percaya bahwa Dong Yi gadis cilik sudah menjadi wanita dewasa dan masih hidup juga. (saatnya berpelukan ala Teetubies)

Dong Yi mengembalikan ikat kepala Geumgae pada Cha Cheon Soo.

Di kamar sewa Yeong Dal semua bergembira, Hwang Ju Shik senang bahwa ternyata Cha Cheon Soo adalah kakak Dong Yi yang hilang. Yeong Dal minta maaf karena sebelumnya mencurigai Cha Cheon Soo. Cha Cheon Soo berkata karena Yeong Dal akhirnya dia bisa bertemu dengan Dong Yi.

Seo Yong Gil melapor pada Raja, bahwa besok akan ada rombongan utusan Cina yang tiba di ibukota dan diantara utusan Cina ada orang yang melakukan perdagangan rahasia tetapi utusan Cina itu sebenarnya adalah orang Korea yaitu Kim Yun Dal, sehingga pihak kepolisian akan menginvestigasi penyelundupan itu secara diam-diam sehingga Biro Penyelidik Internal dan Uigyeongbu Istana turut andil untuk membantu penyelidikan.

Maka Dayang Jeong mengirimkan staf biro yang terpilih dan menyamar sebagai pelayan ke Mohwaguan (tempat tinggal utusan dari Cina).
Dan yang terpilih untuk misi tersebut ada 8 orang termasuk Jung Im, Shi bi dan Dong Yi. Sebelum ke Mohwaguan Dong Yi dibekalin Kaca.

Dong Yi menghadap Jeong Sang Gung. Jeong Sang Gung memberikan cermin sinyal pada Dong Yi dan berkata cermin ini alat penting untuk mengirimkan sinyal pesan. Jeong Sang Gung minta Dong Yi belajar dari Jung Im. Kenapa Jeong Sang Gung berkata ia memilih Dong Yi karena Dong Yi sudah memiliki pengalaman dalam pesta dan jamuan makan kerajaan, penyelidikan ini adalah kasus terbesar yang pernah ditangani biro penyelidik.

Utusan Cina dan rombongannya tiba di Ibukota dan disambut oleh Oh Tae Seok dan Jung In Guk. Utusan Cina itu sangat senang dan merasa mendapat kehormatan disambut oleh Oh Tae Seok.
Di sisi lain Oh Yun assistennya tak berhenti-henti mengamati Kim Yun Dal yang ada di dalam rombongan.

Seo Yong Gil memerintahkan agar segera menyelidiki utuan Cina itu dengan mengerahkan biro penyelidik dan jangan sampai diketahui oleh utusan Cina.

Sementara itu Jung Im yang sedang mangantarkan makanan kepada Kim Yun Dal mencuri dengar percakapan dengan utusan Cina dalam bahasa mandarin, dan Jung Im memberikan pesan itu kepada Dong Yi. Dong Yi pun memberikan kepada Jeong Sang Gung untuk diserahkan kepada Seo Yong Gil.

Jang Hee Jae JJS (jalan-jalan santai:D) di lapangan kantor polisi, Tiba-tiba Cha Cheon Soo sudah dibelakangnya membuat Jang Hee Jae kaget. Cha Cheon Soo mengutarakan bahwa dia ingin ikut ujian militer agar bisa jadi penjaga istana.

Lalu Jang Hee Jae bertanya apakah dia mengenal dayang bernama Dong Yi. Cha Cheon Soo pergi, tapi Jang Hee Jae memintanya untuk berhenti sebentar, ia tanya apa Cha Cheon Soo ada kaitannya dengan seorang guneo dari biro penyelidik bernama “Cheon Dong Yi?” .Cha Cheon Soo berkata ia tidak mengenalnya. Jang Hee Jae percaya. Jang Hee Jae minta Cha Cheon Soo hati-hati, karena ia tidak ingin kejadian semalam terulang. Jika ada guneo yang mencurigai Cha Cheon Soo dan melakukan penyelidikan maka akan menjadi masalah. Cha Cheon Soo mengerti, dan Jang Hee Jae berkata ada lagi masalah yang harus diselesaikan Cha Cheon Soo.

Setelah itu di kediaman Nyonya Yoon, Jang Hee Jae memberikan perhiasan-perhiasan untuk bangsawan dan hadiah-hadiah mahal untuk keluarga Oh, Nyonya Yoon bertanya kenapa mengirimi keluarga Oh perhiasan dan hadiah-hadiah itu. Jang Hee Jae menjawab bahwa perhiasan itu untuk mendekati keluarga Oh agar maksud dan tujuan keluarga kita terlaksana, dan itupun tanpa sepengatahuan Lady Jang.

Ternyata maksud dan tujuan Jang Hee Jae memberikan barang-barang tersebut agar keluarga Oh mendekatkan dia ke Oh Tae Sok, Jang Hee Jae mempertemukan Kim Yun Dal dengan Oh Tae Sok dan di kawal oleh Cha Cheon Sho.

Di kediaman Lady Jang. Sukjong dan Lady Jang membahas tentang penyelidikian utusan Cina yang dilakukan biro penyelidik, lalu Sukjong bercerita tentang Dong Yi dan tentu saja Lady Jang kaget karena kenapa Sukjong begitu mengenal Dong Yi bahkan Sukjong bercerita kalo sebelumnya sudah bertemu Dong Yi beberapa kali di luar istana tanpa menyebutkan identitasnya.
Lady Jang Ok Jung kaget (tentu lah Sukjong berceritanya semangat 45 hahahaha).

Kembali ke penyelidikian, Dong Yi memeriksa kamar Kim Yun Dal, dan menemukan kertas yang terjatuh di selipan Buku, kertas itu berisi pesan yang sulit dimengerti dan memberikan pesan itu pada Jung Im.

Hwang Ju shik memanggil Dong Yi. Jung Im melihatnya dan mengingatkan Dong Yi agar hati-hati jangan sampai penyamaran mereka terbongkar. Dong Yi mendekati kedua temannya dan minta mereka merahasiakan ini. Yeong Dal cekikikan dan merasa Dong Yi benar-benar terlihat sangat pintar dan seperti guneo biro penyelidik sejati. Dong Yi minta mereka tenang dan jangan berisik.

Ternyata selama ini Jang Hee Jae begitu baik kepada keluarga Oh agar dia bisa didekatkan dengan Oh Tae Sok dan bekerjasama agar Oh Tae Sok menahan Uigyeongbu, kepolisian, dan biro penyelidik internal untuk melancarkan penyelundupan yang dilakukan Kim Yun Dal, dengan alasan partai yang selama ini tempat mereka bernaung (Namin) tidak akan mengalami kesulitan sedangkan Lady Jang tidak tahu masalah ini.

Di saat anak buah Seo Yong Gil memeriksa Kim Yun Dal yang diperiksa hilang karena Kim Yun Dal dan tentara Qing memeriksa kamar Eun Geum dan Shi Bi, dan mereka menemukan cermin sinyal diantara barang-barang mereka dan ketahuanlah mereka k sedang dimata-matai oleh Biro penyelidik Internal, tentu saja ini ulah Oh Tae Sok yang membocorkan masalah ini lewat petugas kepolisian Oh Yun.
Seo Yong Gil dan kedua atasan Biro Penylidik kaget karena penyelidikan mereka diketahui petugas Qing terlebih Sukjong dan utusan Qing akan segera pulang ke negaranya.

Berita pun sampai ke kediaman Ibu suri Myeongseong . Ternyata Ibu Suri menyalahkan Ratu atas semua kekacauan ini karena mencampuri urusan biro penyelidik dan membuat Jang Ok Jung berkuasa dan menyebabkan masalah dalam biro penyelidik.

Staf biro mengeluh, para penyelidik bertengkar dan saling menyalahkan (aneh kok bertengkar sampe main tindih-tindihan heuheu). Dong Yi pun menemui Jung Im yang sama tidak senangnya karena penyelidikan mereka ketahuan.

Dong Yi bersikeras melanjutkan penyelidikan tersebut, buktinya sudah hampir di dapatkan. Dan Dong Yi ingin segera menemukan kode rahasia di surat. Dan Dong Yi pun langsung mencari Cha Cheon Soo di kantor Polisi, dan menceritakan tentang surat itu lalu meminta pertolongan Orabunninya.
Cha Cheon Soo berkata ini adalah scytale. Dalam surat ini terdapat pesan rahasia, cara bacanya surat digulungkan ke tongkat kecil setelah digulung pesan akan terbaca dalam beberapa karakter dan membacanya dari bawah ke atas ( haduh susah ngartiinnya mudahan ngerti yach hehehe) .

Sementara itu,Oh Yun menemui pamannya, dan berkata apa semuanya sudah terselesaikan, dan si Paman Oh Tae Sok memuji pekerjaan keponakannya ( aneh dikirain jaman sekarang aja aparat bisa disuap ckckck).
Oh Tae Seok minta Oh Yun ke Dept. musik untuk menyiapkan jamuan utusan Qing agar terlihat berjasa kalo beliaulah yang telah mendamaikan utusan Qing dan Kerajaan.

Dong Yi memohon pada Hwang Ju Shik agar ia bisa menyamar menjadi pelayan Dept. musik dalam jamuan makan utusan Cina di Mohwaguan. Dan penyamaran ini tidak diketahui siapapun termasuk staff Biro.

Para musisi dan anggota Dept. musik lain berbaris ke Mohwaguan. Dan Oh Ho Yang melihat Dong Yi ( kan do’i ngebet banget ama Dong Yi so merhatiin Dong Yi) dan bilang ke ayahnya Oh Tae Pung kalau Dong Yi ada disini tapi sang ayah berkata kalo Dong Yi tidak mungkin ada di Biro musik karena dia sudah jadi Guneo di Biro penyelidik, disaat ayah anak berbisik-bisik Kim Yun Dal mendengarkan dan marah kemudian berteriak dan memerintahkan penjaga untuk memeriksa kamarnya, Dong Yi tentu saja kaget dan buru-buru keluar karena Dong Yi sedang mencari pesan rahasia itu .

Dong Yi kejar-kejaran dengan Kim Yun Dal dan pasukan Qing. Sementara itu Sukjong bercakap-cakap dengan utusan Qing itu. Sukjong berterima kasih pada utusan Qing dengan bahasa Mandarin dan Dong Yi melihat Sukjong sebagai Ban Gwan Da Ri.

Dong Yi berteriak, ke Sukjong dengan memanggil Ban Gwan Da Ri!! Dan berkata apa yang tuan lakukan di sini dan meminta pertolongan ada orang yang mengejarnya (sambil memegang tangan Sukjong).

Pengawal Sukjong memarahi Dong Yi dan bilang kurang ajar kepada Sukjong dengan mengatakan Yang Mulia. Tentu saja Dong Yi shock Kenapa pengawal itu memanggil anda dengan Yang Mulia Tuan, dan melepaskan tangannya.

Dong Yi Episode 15

Dong Yi yang kaget dan shock, bergumam Yang Mulia…. apa maksudnya
pengawal Sukjong memerintahkan untuk menangkap Dong Yi, tapi Sukjong menahannya dan berkata aku mengenalnya, Dong Yi yang benar-benar kaget berkata jadi tuan benar-benar Raja, Kim Yun Dal sampai dan kaget melihat Sukjong dan ia mendekat dengan hormat. Utusan Qing itu tanya ada apa, Kim yun Dal berkata ia melihat guneo dari biro penyelidik internal, menyusup ke Mohwaguan lagi.
Kim Yun Dal minta maaf pada Sukjong dan bilang harus menahan guneo itu.
Sukjong menahannya dan berkata,”Beraninya kau mengambil guneo dari negeriku di depanku? apa ada penghinaan etiket diplomatik seperti ini di dunia?” Kim Yun Dal, “Tapi Yang Mulia, guneo itu diam-diam menyusup ke Mohwaguan.”

Sukjong, “Dia memang guneo Joseon, jadi itu akan menjadi tanggungjawab kami untuk memeriksanya, benar?”. Pejabat Qing itu tidak bisa berkata apa-apa, ia hanya membungkuk membenarkan. Sukjong, “Bawa dia pergi.” Pengawal istana minta Dong Yi mengikuti mereka dan Dong Yi pergi sambil masih melihat ke arah Sukjong.

Sementara itu Sukjong menyuruh Seo Yong Gil datang.
Sukjong kaget menerima surat yang ditemukan Dong Yi. Surat tersebut adalah pesan rahasia yang artinya, “Sam Gol Wyol Du Bi”, ini adalah bukti yang bisa digunakan untuk menahan Kim Yun Dal.
Sukjong memerintahkan Seo Yong Gil untuk segera bertindak, dan Seo Yong Gil menyuruh seluruh anak buahnya untuk memeriksa tempat yang dicurigai untuk operasi penyelundupan.

Pimpinan Biro kaget karena tidak memberikan ijin pada Dong Yi untuk menyusup ke Mohwaguan. Dan mereka akan menghukum Dong Yi walau mereka menghargai kerja kerasnya.

Dong Yi duduk dan melamun, bahwa Tuan Ban Gwan Da Ri adalah Raja. Dia mengingat ketika bersama-sama dengan Sukong dia pernah menginjak punggungnya,pernah minum dan tertawa dan jalan-jalan degan tuan Ban Gwan Da Rinya,
Kedua temannya pun yang menghampiri Dong Yi yaitu Yeog Dal dan Hwang Ju Shik terkaget-kaget.
Dayang Sukjong memanggil Dong Yi untuk menghadapnya.

Polisi memeriksa daerah penyelundupan dan mereka tidak menemukan apapun.
Seo Yong Gi merasa ada yang aneh dia menggunakan pedangnya dan mengorek lumpur di dinding dan ia mengintip lewat lubang rumah yang tidak ada penghuninya, ia melihat barang-barang yang disimpan. Seo Yong Gil minta anak buahnya melaporkan pada atasan bahwa mereka sudah menemukan bukti untuk menahan Kim Yun Dal. Dan Jang Hee Jae terlihat pusing.

Oh Yun yang akan melapor pada pamannya keduluan Jang Hee Jae.
Jang Hee Jae keluar terlihat aura marah dan dia bergumam akan memberi pelajaran pada Dong Yi.

Sukjong yang gelisah menunggu kedatangan Dong Yi, sebelum menghadap Sukjong Dong Yi ganti baju dengan baju sutra, karena pada masa itu barang siapa yang akan menghadap raja harus memakai baju sutra.
Dong Yi sibuk berpikir bagaimana ia akan bersikap dan harus memanggil apa pada Sukjong. Karena Dong Yi tidak mendapat pendidikan sebagai pelayan istana sebelumnya.

Ketika Sukjong masuk , Dong Yi membungkuk. Sukjong melirik Dong Yi dan Dong Yi melihat ke atas sekilas tapi langsung menghindari kontak mata dengan Sukjong.


Sukjong duduk dan minta Dong Yi duduk. Dong Yi diam saja.
Kemudian Sukjong membentak Dong Yi agar ia duduk, Dong Yi yang kaget langsung menyembah Sukjong ( wkwkwk, pengen ketawa pas lihat adegan ini). Sukjong juga kaget, karena mengira Dong Yi takut pada Sukjong.
Sementara itu Dong Yi masih membungkuk. Dan berkata Yang Mulia memanggilnya bukan untuk dihukum, dan Sukjong berkata jangan perlakukan dia sebagai Raja tapi tetap saja seperti dulu sebelumnya, bahwa aku ini petugas Han Seong Ban Gwan Da Ri.

Kim Yun Dal menemui Jang hee Jae minta penjelasan kenapa polisi akan memeriksa dirinya, sementara dikantor polisi Seo Yong Gil mengumpulkan anak buahnya untuk bersiap-siap menangkap Kim Yun Dal di Kediaman utusan Cina.

Di kediaman Sukjong, utusan Qing datang dan melaporkan Bahwa Kim Yun Dal bunuh diri. Di kediaman utusan Cina polisi mengepung Mohwaguan, karena Kim Yun Dal bunuh diri, Kim Yun Dal meninggalkan surat wasiat yang isinnya dia tidak diperlakukan dengan adil, Sukjong marah, karena utusan Qing mencurigai bahwa pemerintahan Joseon bermain curang. Dan meminta guneo Dong Yi untuk diserahkan ke wilayahnya tentu saja Sukjong tidak mau.

Dong Yi di biro internal dan ia bisa merasakan suasana yang tidak enak. Jung Im datang dan berkata Dong Yi harus menghadap Jeong Sang Gung, cepat. Dong Yi heran.
Dong Yi ternyata sudah mendengar bahwa utusan Qing ingin membawanya ke Qing, Cina untuk penyelidikan.

Di dalam sidang, Oh Tae Seok memohon agar Sukjong menyelesaikan masalah dengan utusan Qing.
Para pejabat mengajukan petisi agar Dong Yi diserahkan ke utusan Qing.

Lady Jang Ok Jung berkata pada dayang Jo, ia tidak pernah membayangkan bahwa utusan Qing akan mengajukan permintaan tidak masuk akal.
Dong Yi pergi ke kantor polisi dan menemui Seo Yong Gil. Setelah sampai kantor polisi ternyata ada Seo Yong Gil dan Jeong Sang Gung dan Bong Sang Gung sedang bercakap bahwa Qing mungkin akan mengerahkan pasukan dari Shim Yang ke Hanseong. Seo Yong Gil berkata bahwa situasi di Mohwaguan sudah menyinggung otoristas mereka. Dan mencuri percakapan mereka dari luar.

Dong Yi berpakaian biasa dan pergi ke Mohwaguan untuk menyerahkan diri.
Ae Jung masuk ke kamar Dong Yi dan teryata kosong, ia tanya dimana Dong Yi, Shi Bi juga tidak tahu. Ae Jung pergi dan menemui Bong Sang Gung dan Kasim Han, ia lapor Dong Yi tidak ada.

Inspektur Yoo mengumpulkan semua guneo dan mencari Dong Yi. Siapa tahu Dong Yi lari. Jeong Sang Gung datang dan berkata tidak perlu dicari lagi, ia tahu dimana Dong Yi. Dong Yi tidak lari. Semua guneo dan Bong Sang Gung heran.

Sukjong ngamuk saat tahu Dong Yi mengunjungi Kediaman utusan Cina dengan insiatif sendiri.


Dong Yi berdiri di pintu masuk Mohwaguan. Dong Yi dibawa masuk ke Mohwaguan dan bertemu utusan Qing. Dong Yi memberi salam pada Utusan Qing.
Utusan Qing berkata, bahwa dia tidak akan bisa masuk keluar lagi setelah masuk ke sana.

Bersambung
Iklan

5 pemikiran pada “[Rekap Drama] Dong Yi, Jewel In The Crown Episode 11-15

  1. ternyata kwang soo rm main di dong yi sebagai yeong dal, nggak nyangka euy wkwkwkw bodor bener wkwkwkw, pdhl seumuran sama Joong Ki, trus seo yong gil(raja yuri di kotw) jadi bintang tamu di rm, ngakak pas mau ditangkap ama haha ato sapa ya lagi makan mie kabur secepat kilat wkwk

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s