[Review C-Movie] Painted Skin ~ Pengorbanan Cinta Yang Tanpa Batas

Halloo.. sebelum review aku mau sedikit cerita. Awal mula tahu Painted Skin ini sebenarnya karena aku lebih dulu nonton Painted Skin II : The Ressurection. Saat itu di pikiranku : judulnya aja ada “dua”nya, jadi pasti ini film sekuel. Maka mulai lah aku mencari Painted Skin yang pertama. Ternyata setelah nonton Painted Skin yang pertama ini beberapa pertanyaanku sewaktu nonton sekuel keduanya terjawab sudah. Dan akan aku bahas nanti di review sekuel keduanya.. okaayy ^^

Title : Painted Skin

Director : Gordon Chan
Cast :
Donnie Yen – Yong
          Vicki Zhao – Peirong
          Xun Zhou – Xiaowei
          Kun Chen – Wang Sheng (Peirong’s husband)
          Betty Sun – Xia Bin
Release Date :  September 28, 2008

Di masa pertengahan antara dinasti Qin dan Han, terdapat siluman rubah bernama Xiaowei yang hidup dengan memakan jantung lelaki demi menjaga kecantikannya dan tetap awet muda. Ketika itu Jendral Wang Sheng sedang menyerbu rumah seorang pemberontak dimana Xiaowei sedang menggoda pemberontak tersebut. Karena terpana dengan kecantikan atau mungkin merasa kasihan, setelah menumpas pemberontak itu Jendral Sheng turut membawa Xiaowei pulang bersamanya dan tinggal di kediamannya. Sejak saat itulah petaka terjadi…

Selama kedatangan Xiaowei di kediaman Jendral Sheng, banyak kejadian pembunuhan dimana setiap jantung dari para korban hilang. Dugaan sementara dilakukan oleh seorang penjahat berbadan besar. Tiba-tiba datang Yong yang dulu merupakan seorang Jendral, atasan Wang Sheng dan pernah menyukai Peirong. Kedatangan Yong ke daerah tersebut bersamaan dengan Xia Bin, cucu seorang pemburu hantu yang merasakan kehadiran iblis disana. Sebenarnya Peirong sudah mulai curiga mengenai jati diri Xiaowei, maka ia datang menemui Yong yang saat itu berada di penginapan yang sama dengan Xia Bin. Peirong menceritakan semua kecurigaannya pada Yong, kebetulan Xia Bin juga ikut mendengar. Xia Bin pun meyakini bahwa banyaknya pembunuhan yang terjadi bukan hasil perbuatan manusia melainkan iblis. Hal ini diperkuat dengan menyalanya botol yg berisi potongan ekor siluman rubah yang akan menyala bila ada siluman atau iblis bahkan dalam jangkauan puluhan mil. Peirong sangat yakin bahwa Xiaowei bukanlah manusia, karena ia pernah melihat tangan Xiaowei terluka tapi seketika itu juga sembuh dengan sendirinya. Peirong pun pernah mencoba memberitahukan kecurigaannya kepada suaminya, tapi Wang Sheng sama sekali tidak percaya. Peirong juga pernah bertanya kepada seorang tabib yang membenarkan kecurigaannya tersebut. Tapi esok harinya tabib itu ditemukan meninggal. Maka kali ini ia meminta bantuan Yong untuk menyeledikinya.

Mereka bertiga datang untuk menginvestigasi Xiaowei, tapi siluman itu terlalu pintar. Walaupun Wang Sheng saat itu melindunginya, Xiaowei tidak keberatan ketika Xia Bin ingin mengecek tanda siluman di tubuhnya (ceritanya tiap siluman itu pasti punya tanda di badannya). Mereka tidak dapat menemukan tanda tubuh tersebut, maka mereka memutuskan untuk selalu berada di samping Xiaowei untuk memastikan supaya dia tidak dapat membunuh dan memakan jantung manusia. Karena jika dia tidak makan jantung manusia, sosok iblis nya akan perlahan muncul. Dengan gampang Xiaowei menyanggupi syarat tersebut karena memang bukan dia yang membunuh dan mengambil jantung para lelaki itu, melainkan iblis lain yang sudah lama menyukai Xiaowei (entah itu siluman kadal apa cicak sih, karena lidahnya suka melet2 keluar gitu dan makannya lalat :P). Dia lah yang selama ini yang selalu menyediakan jantung untuk dimakan Xiaowei. Ditambah lagi, iblis lelaki itu bisa transparan jadi walaupun dengan penjagaan ketat Xiaowei bisa tetap mendapatkan supply jantung manusia untuk dimakannya (jiaa, supply.. kayak sembako aja deh hahaa). Setelah ia menyadari bahwa orang-orang mulai mencurigainya, secara terbuka ia menunjukkan wujud aslinya kepada Peirong. Terang-terangan pula ia mengatakan bahwa selama ini ia mencintai Wang Sheng dan tidak ingin hanya menjadi selir, ia ingin menjadi satu-satunya istri Jendral Sheng. 

Disinilah dilema Peirong dimulai. Peirong juga sangat mencintai Wang Sheng, tapi setelah kedatangan Xiaowei ia yakin bahwa suaminya sudah tergoda dan jatuh cinta kepada Xiaowei. Naluri kewanitaannya yang mengetahui bahwa suaminya menyukai wanita lain. Peirong pernah meminta supaya Xiaowei dikeluarkan dari kediaman Jendral, tapi Wang Sheng menolak dengan alasan kasihan. Peirong pun pernah menanyakan langsung apakah suaminya itu mencintai Xiaowei, tapi jawaban Wang Sheng yang selalu mengalihkan pembicaraan tanpa menjawab pertanyaan Peirong semakin membuat wanita itu yakin bahwa suaminya benar telah jatuh cinta kepada Xiaowei.

Akhirnya Peirong memilih mundur, ia rela memberikan status istri Jendral Sheng kepada Xiaowei asalkan Xiaowei berjanji untuk berhenti membunuh orang-orang yang tidak berdosa dan setia mendampingi Jendral Sheng sampai tua. Sebagai gantinya, Peirong harus meminum racun yang membuat seluruh tubuhnya memutih bahkan rambutnya. Ketika ia keluar ruangan dalam keadaan seperti itu, semua orang histeris dan ia mengatakan bahwa dia lah selama ini iblis yang memakan jantung manusia, dialah pelakunya. Tentu saja pengakuan Peirong ini membuat kaget semua orang terutama suaminya. Apakah Jendral Sheng akan percaya?? kalau tidak, langkah apa yang akan ia ambil?? Yong yang selalu percaya bahwa Peirong adalah orang baik tentu saja tidak akan tinggal diam, begitupun Xia Bin yang selalu meyakini bahwa Xiaowei lah siluman sebenarnya…
Film yang banyak mendapatkan nominasi di berbagai penghargaan seperti Asian Film Award, berhasil memenangkan sinematografi terbaik di ajang Hongkong Film Award. Bahkan Kun Chen dan Vicki Zhao menyabet penghargaan sebagai aktor / aktris terbaik di dua ajang berbeda berkat perannya di film ini. Untuk seni beladiri aku merasa tidak ada yang spesial, karena porsi nya juga tidak terlalu banyak dan gerakannya juga tidak terlalu rumit. Sedangkan untuk kualitas gambar secara keseluruhan bagus, tapi yang menampilkan sosok asli siluman rubah aku merasa biasa saja, tidak terlalu bagus malah terkesan aneh. Karena bentuknya seperti gumpalan2 ulet yang menggeliat-geliat gitu tapi berbentuk tubuh manusia, jadi aku agak sedikit jijik dan ngeri melihatnya.
Untuk isi cerita, sebenarnya aku agak kurang setuju dengan sikap Peirong yang mengambil keputusan secara sepihak. Walaupun mungkin suaminya sudah tidak bisa diajak berdiskusi tapi dia lupa bahwa ia masih memiliki Yong dan Xia Bin yang bisa dibilang sekutunya, yang sama-sama percaya bahwa Xiaowei adalah seorang siluman. Mereka semua pasti akan mencari jalan keluar dimana Peirong tidak perlu melakukan pengorbanan seperti itu, tanpa harus membuat kesepakatan dengan seorang iblis. Dan lagi apakah benar Wang Sheng sudah tidak mencintai Peirong istrinya itu lagi?? Dan apakah benar Wang Sheng telah jatuh cinta kepada Xiaowei?? oohohohoo, bagi yang penasaran silahkan mencari tahu sendiri jawabannya.. tapi aku jadi inget quote percakapan salah satu tokoh kartun Disney berikut ini :
Piglet : how do you spell love??
Pooh : you don’t spell it.. you feel it

Written by Niken ( Twitter )
Detail Info from AsianWiki
Images from Google
DO NOT REPOST TO OTHER SITE !!!

12 pemikiran pada “[Review C-Movie] Painted Skin ~ Pengorbanan Cinta Yang Tanpa Batas

  1. q nonton yg kedua pas di pesawat eva air. bener2 nih film! bikin ga ngantuk diperjalanan wkwkwkwk. walopun di china sono banyak yg bilang ceritanya ngawur, tpi q tetep seneng sm film ni soalnya nyang marn vicky zhao alias si putri huanzhu hihihihi

    Suka

  2. Aku suka krn Ada vikcy zhou Dan Donnie yen. Yg lain Ga suka. sama sountrack nya bagus oi…cinta yg perlu keprcayaan. Krn Yong walopun cinta bertepuk sebelah tangan, dia tetap percaya pada Peirong. Tidak seperti Wa sheng, jujur aku tdk suka dia.

    Yem,

    Suka

  3. mba @Hanna : iyaaa, pasti pernah deh.. film lama kok ini 😀
    mba @Anis : pertama kenal Vicki Zhao waktu dramanya diputer di Indonesia dan ngehits bgt.. Kabut Cinta, hihihiii jadulnyaa..
    @Anonim : ho'oh banyak dapet kritikan, tapi banyak dapet nominasi di berbagai ajang lhoo.. wajahnya ga berubah ya mbak Vicki Zhao
    @Yem : yup, aku juga gemes bgt kl punya suami kayak Wang Sheng itu >,

    Suka

  4. Ari nonton ini dulu baru yang kedua tapi lupa yang pertama nonton di dvd lapak2 kayaknya, yang kedua dl karena dikasih tahu Yuki wkwkwk, pokoknya keren kok ini apalagi buat penggemar Vicky Zhao ahhahahahaha

    Suka

  5. yuki hadir ^o^. painted skin hmmm….. ^o^, awal nonton painted skin 1 krn dikasih tahu teman, walopun aktingnya vicky zhao ga mengecawakn tp aku lbh suka dy di painted skin 2, lbh hidup gitu. kalo di painted skin 1 entah gmn kayak ga cocok hehehe.
    nice review ^o^, ditunggu review2 film2 yg lain ya ^o^

    Suka

  6. @yuki : hohoo, kalo aku justru nonton yang kedua nya dulu.. kebalik ya.. tp aku setuju sih, yg kedua terasa lebih hidup krn dia bs beladiri
    @mba amel : horee, langsung DL yah cyiinn.. selamat menonton deh, jgn lupa yang kedua nya jug yaa hehee

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s