[Kaleidoscope] Drama Jepang Tahun 2013 Part 1

Bingung libur akhir tahun mau nonton apa? bosan drama Korea? pengen coba sesuatu yang beda? pengen nonton cerita action, dektektif, misteri, komedi? minnasan bisa mencoba salah satu dorama review author PD, pokoknya ceritanya rekomen semua, soalnya bahkan uni Niken yang biasanya hanya nonton drama Korea sekarang menjelajah ke dorama


Chekidot reviewnya;

Limit

Dorama yang diangkat dari cerita manga berjudul sama, mengawali kisah dengan kecelakaan bus satu kelas sebuah SMU saat perjalanan menuju perkemahan. Sebagian besar siswa termasuk guru pendamping dan sopir bus tewas seketika. Hanya Mizuki Konno dan teman se’geng nya di sekolah, Haru Ichinose, lalu Chikage Usui, Chieko Kamiya, dan Arisa Morishige yang selamat dari kecelakaan maut tersebut. Mereka semua panik melihat teman2 sekelas mereka tewas bersimbah darah, kecuali Kamiya masih berpikiran jenih. Daripada menangisi orang yang sudah meninggal dia lebih memilih mencari cara bagaimana supaya bertahan hidup sampai bantuan datang menemukan mereka. Morishige yang sewaktu di sekolah selalu di’bully Konno , Haru dan teman2 nya dulu, membalas rasa sakit hatinya dengan memecah belah mereka berdua. Dia bahkan memegang arit yang sebenarnya akan digunakan untuk memotong rumput di perkemahan nanti, menjadi simbol pemegang kuasa di antara mereka yang bertahan hidup.
Karena kecelakaan itu Usui mengalami luka serius di kakinya. Dia merasa menjadi beban bagi teman2nya, apalagi Morishige pun selalu mengatakan hal demikian. Di saat Usui dan Konno pergi menyusuri hutan, mereka melihat seperti ada bayangan melintas. Konno akan mengeceknya dan minta Usui menunggunya karena kondisi Usui tidak memungkinkan jalan lebih jauh. Usui salah paham, dia ketakutan dan merasa Konno telah meninggalkannya. Usui pun terus berjalan dan Konno tidak dapat menemukan Usui, hingga akhirnya Usui ditemukan telah tewas tercabik2. Mereka pun saling tuduh siapa yang paling punya kemungkinan besar membunuh Usui. Saat itu ternyata Haruaki Hinata juga masih hidup. Dalam kondisi sulit seperti itu, pertemanan mereka benar2 diuji. Kenapa aku sebut pertemanan, karena masing2 mereka tidak bersahabat waktu di sekolah. Bahkan Konno dan Haru yang satu geng pun, mereka memendam sedikit rasa iri dan benci satu sama lain. Sementara Hinata, sudah lama dia memendam rasa sukanya terhadap Konno. Dari situ juga kita tahu latar belakang masing2, keadaan keluarga mereka, dan alasan kenapa Morishige memiliki sifat apatis dan cenderung menjauhkan diri dari teman2nya. Jika semuanya ingin kembali pulang dengan selamat, Morishige justru tidak ingin pulang. Lahir dalam keluarga broken home, dimana ayahnya sangat kasar bahkan ibunya sendiri menyalahkan Morishige yang membuat dia tidak bisa lari dari suaminya itu, kita bisa merasakan rasa sedihnya menjadi anak yang tidak diingankan hiks.
Ketika para siswa yang selamat mencari cara supaya bertahan hidup, belakangan kepala sekolah mereka baru tahu kalau kelas terakhir yang pergi ke perkemahan tidak pernah sampai ke tujuan. Setelah beberapa hari mereka baru mengetahui kalau bus yang mengangkut siswa nya itu kecelakan. Pencarian semakin lama karena sopir bus mengambil jalan yang salah ke perkemahan, sehingga posisi kecelakaan bus cukup lama untuk ditemukan. Walaupun orang tua Konno diambang perceraian, tapi mereka dan kakaknya sangat mengkhawatirkan Konno. Kamiya pun sangat ditunggu kepulangannya oleh ketiga adiknya yang masih kecil. Ketiga adiknya itu hanya memiliki Kamiya karena orang tua mereka sudah meninggal.
Beberapa episode awal Limit, cukup ngilu nonton nya karena banyak menampilkan darah dan adegan sabetan2 arit. Sebenarnya aku kurang update soal artis2 Jepang. Tapi aku pernah dikasi tahu kalau sebagian besar cast disini adalah pendatang baru. Seperti Nanami Sakuraba (Konno) yang anggota girlband. Dan Yuka Masuda (Usui) yang anggota AKB48. Melihat background mereka tersebut, bisa dibilang akting mereka cukup lah. Ngga bagus, tapi ngga jelek juga. Yang akting nya bagus menurutku ya Morishige. Dapet banget feel nya jadi orang sinis, tapi sebenernya dia orang yang ngga tega’an. Di awal dia sangat menyebalkan, tapi setelah melihat kehidupannya di rumah jadi ikut sedih dan prihatin. Yah, secara keseluruhan drama ini cukup bikin penasaran. Tapi dari segi alur cerita menurutku biasa aja, karena cuma penasaran siapa yang bunuh Usui dan apakah mereka semua selamat sampai pertolongan datang. Di tiap ending drama nya, bangku2 di kelas mereka diperlihatkan jatuh. Mungkin menandakan kalau ada yang meninggal kali yah. Tapi kadang bangku yang udah jatuh suka berdiri lagi sih hahahaa.. Dan bagi yang penasaran bisa ikutin sinopsis nya hanya di Pelangi Drama yah ^^
Rate : 4/5
Author : Niken

Mengambil latar dunia perbankan, drama ini bisa dibilang cukup berani dan lain daripada yang lain. Karena tidak banyak drama yang berlatar belakang perbankan apalagi tanpa dibumbui kisah romance dan hanya sedikit unsur komedi. Tapi berkat cerita yang kuat, rapih, detail dan didukung oleh akting jempolan semua pemainnya maka drama ini menjadi sangat luar biasa. Meskipun ada unsur dendam yang dibawa Naoki sejak kecil, tidak menjadikan Naoki dewasa seorang pria jahat. Sebaliknya, dia semakin bijaksana dalam menghadapi seluruh peristiwa2 yang terjadi yang berhubungan dengan pekerjaannya.
Hanzawa Naoki adalah seorang bankir yang cerdas dan memiliki alasan kuat kenapa dia memilih berkarir di dunia perbankan. Peristiwa yang dialami saat dia kecil, dimana dia melihat ayahnya yang terlilit hutang bank saat pabrik sekrupnya ditipu cek kosong hingga memutuskan bunuh diri. Ini membuat Naoki sangat dendam kepada pihak bank yang tidak mau memberikan sedikit kelonggaran pada ayahnya untuk mencari jalan melunasi hutang tersebut. Peristiwa yang masih diingat jelas itu malah membuat Naoki bertekad untuk mencapai posisi tertinggi di bank supaya dapat merubah sistem bank yang hanya memikirkan keuntungan sendiri. Dia ingin agar bank juga menjadi sarana penolong bagi orang2 yang usahanya mengalami masalah keuangan. 
Tapi jalan menuju keatas tentu tidak mudah. Naoki harus menghadapi masalah dimana dia dijadikan kambing hitam oleh atasan2nya. “Pembalasan 10 kali lipat!” bisa dibilang adalah motto Naoki menghadapi tuntutan yang semua nya dilimpahkan padanya meskipun bukan kesalahannya. Tapi di saat dia menghadapi kesulitan, dia selalu teringat pesan almarhum ayahnya dulu.
“Kau boleh melakukan apapun yang kau inginkan, tapi ingat.. hal yang paling penting adalah hubungan antar manusia. Kau tidak bisa bekerja seperti robot. Jangan pernah lupakan itu”
Sepanjang drama, ada 2 kasus besar yang mesti dihadapi Naoki. Dimana semua orang2nya saling terkait. Tapi berkat bantuan orang2 sekitar yang mendukungnya, Naoki mampu menyelesaikan semua kasus tersebut. Termasuk Hana, istri Naoki yang selalu memberikan informasi kecil tapi justru sangat berharga dalam menguak misteri kasus yang sedang dihadapi suaminya itu.
Dorama terbaik yang aku tonton di tahun 2013!! Jika diminta rate nya, dari 1-5 aku akan kasi 6, kalau dari 1-10 aku akan kasi 11 huahahaa.. Walaupun baru kali ini lihat akting Masato Sakai, tapi siapapun yang nonton pasti setuju kalau akting nya luar biasa bagus banget (hehee, hiperbola). Bahkan Aya Ueto pun terlihat pas, dia berhasil membawa Hana menjadi sosok istri yang sabar, pengertian, tapi santai dan menikmati perannya sebagai istri bankir super sibuk. Sebenarnya seluruh aktor/aktris yang bermain di drama ini bisa dibilang jago akting semua, termasuk para pemain pendukung nya. Kita pasti dibuat kesel kalau lihat pemeran2 antagonis nya. Dan alur yang serba cepat bikin deg2an waktu nonton, tapi juga kepo, penasaran hingga episode terakhir ^^.  You MUST watch this drama..!!

Rate : 6/5
Author : Niken

Berdasarkan manga berjudul Yamada kun to 7 nin no Majo, drama ini bergenre komedi. Nonton drama ini pasti bakal ketawa geli ngeliat tingkah konyol Yamada. Menceritakan tentang Yamada, seorang siswa bodoh yang secara tidak sengaja berciuman atau lebih tepatnya tertempel bibirnya dengan Shiraishi Urara, siswi cantik dan pintar di sekolahnya. Karena mereka tabrakan di tangga hingga berguling2 jatuh, tanpa sengaja bibir mereka bertemu dan saat itulah mereka mengalami pertukaran tubuh. Pertukaran tubuh ini tentu mereka manfaatkan demi kepentingan masing2. Shiraishi merasa aman dalam tubuh Yamada karena tidak ada yang akan mem’bully dia, sedangkan Yamada minta bertukar tubuh demi memanfaatkan kepintaran Shiraishi saat dirinya menghadapi ujian penentuan apakah dia akan di’drop out atau tidak.
Akhirnya pertukaran tubuh mereka diketahui oleh Miyamura, calon ketua komite siswa sekolah Suzaku dan Itou Miyabi yang memang penasaran dengan legenda penyihir di sekolahnya. Mereka berempat membentuk Klub Supernatural yang visinya mencari ke’enam penyihir lain. Dalam pencarian itu, mereka pun mengetahui kalau sebenarnya Yamada bukanlah termasuk dalam 7 penyihir. Tapi dia memiliki kemampuan meng’copy kekuatan sihir orang yang diciumnya. Yang artinya, kemampuan Yamada itu bertujuan untuk menemukan dan mengumpulkan ketujuh penyihir. Akhirnya, satu per satu mereka berhasil menemukan kekuatan sihir di antaranya : bertukar tubuh milik Shiraishi Urara, kemampuan memikat milik Odagiri Nene, telepati milik Otsuka Meiko, kemampuan melihat masa lalu milik Takigawa Noa, kemampuan melihat masa depan milik Sarushima Maria, kemampuan menghilang milik Asuka Mikoto, dan terakhir kemampuan menghilangkan ingatan milik Saionji Rika. Jika ketujuh penyihir ini berkumpul, maka akan mengabulkan satu permintaan. 
Kalau biasanya lead male dalam drama itu ganteng, smart, perfect lah, maka di Yamada ini semua teori itu terpatahkan, hahahaa.. Yamada ngga ganteng, bodoh, dan ceroboh lagii. Tapi toh Shiraishi jatuh cinta padanya karena walaupun kesan pertama dia orang yang cuek tapi sebenarnya Yamada itu hangat, sangat peduli dengan orang lain. Tingkah konyol Yamada dimainkan sangat bagus oleh Yamamoto Yasuke, kalau Nishiuchi Mariya sih jangan ditanya. Dia juga jago banget akting konyol. Nonton drama ini pasti bikin ketawa ngakak, jadiii bagi yang lagi galau disarankan nonton drama ini deh 😀
Rate : 5/5
Author : Niken

Take Five

Kisah tentang lima orang pencuri cerdas, yang awalnya berniat mencuri tapi pada akhirnya malah membantu penyelesaian kasus. Bingung? Hehehe … ada seorang profesor psikologi dengan begitu banyak fans mahasiswi di kampus, Homura Masayoshi (Karasawa Toshiyaki), lalu seorang teknisi perusahaan keamanan Niimi Haruto (Matsuzaka Tori), seorang ahli farmasi Minami Shinichi (Rokkaku Seiji), karyawan pabrik yang juga cucu mantan anggota Take Five, Hioka Tamotsu (Irie Jingi), dan seorang polisi Iwatsuki Kai (Inagaki Goro). Kelimanya bergabung menjadi anggota Take Five, pencuri terkenal yang diburu polisi sejak 20 tahun silam tapi seringkali menjadi pahlawan bagi masyarakat kecil, karena sering membagi-bagikan hasil curian mereka.

Kemunculan seorang wanita tua yang menunjukkan foto lukisan Leonardo da Vinci, Lucrezia (fiksi), membawa Homura Masayoshi ke identitas lamanya. Ia kemudian memulihkan kembali kelompok pencuri legendaris Take Five yang bubar 20 tahun silam. Tapi semuanya tidak berjalan mulus, saat seorang polisi wanita, Sasahara Rui (Matsuyuki Yasuko) mulai mencium gelagat mereka. Kasus pencurian dan pembunuhan seorang detektif tepat sebelum Take Five bubar 20 tahun silam pun kembali mencuat. Perlahan, benih-benih rasa tertarik pun muncul di antara kedua orang yang seharusnya sama sekali tidak mungkin bersatu ini. Berhasilkan Take Five membawa kembali lukisan Lucrezia yang dicuri 20 tahun silam dan mengungkap kematian sang detektif?

Kisah pencuri-detektif yang asyik disimak. Kelana sendiri suka karena alurnya yang membuat penasaran. Di antara anggota Take Five sendiri sebenarnya tidak selalu akur, bahkan cenderung saling bersaing. Tapi saat beraksi, mereka selalu bisa menjadi tim yang solid sekaligus cerdas dengan banyak trik dan rencana cadangan. Drama ini menjadi lengkap saat dibumbui juga dengan kisah romantis antara sang pencuri dan polisi, sebuah ketertarikan yang aneh dan tidak mungkin disatukan. Well, selamat menonton aja deh.

Rate : 4/5
Author : #Kelana

35 Sai no Koukousei

Apa yang terjadi jika seorang wanita berusia 35 tahun kembali menjadi siswa SMA? Yap hanya ada di 35 Sai no Koukousei.

Awal tahun ajaran baru, Koizumi Junichi-sensei (Mizobata Junpei), seorang guru muda, dipindahkan ke sebuah sekolah tingkat tiga—tidak favorit. Pada saat yang sama, muncul juga seorang wanita misterius dengan dandanan rapi dan stylish, mengaku sebagai siswa baru di sekolah itu. Dia Baba Ayako (Yonekura Ryoko). Meski sempat diprotes karena menerima siswi baru berusia 35 tahun itu, kepala sekolah tidak punya pilihan, karena dia direkomendasikan oleh pengawas pendidikan.

Dan Baba menjadi salah satu siswa kelas 3A, tempat Koizumi-sensei menjadi wali kelas. Baba Ayako bersikap layaknya siswi normal lainnya. Sekolah menggunakan seragam, mengikuti pelajaran, mengikuti kelas olahraga, mengerjakan PeEr dan juga membawa bekal makan siang seperti yang lain. Tapi ia berangkat dengan mobil mewah, saat jam istirahat, merokok di tempat merokok khusus guru dan minum alkohol sepulang kegiatan sekolah.

Satu per satu masalah bermunculan. Baba yang memiliki rasa keadilan tinggi berusaha menyelesaikannya. Tapi rupanya apa yang ia pikirkan sudah berbeda dengan keadaan anak SMA masa kini. Baba sering menemukan dirinya tidak mengerti dengan apa yang dipikirkan anak jaman sekarang. Yang jelas, Baba menjadi partner Koizumi-sensei menyelesaikan masalah di kelas. Rupanya masalah itu pun seperti gunung es di lautan. Hanya sebagian kecil saja yang tampak di permukaan.

Satu-satunya hal yang menjadi menarik saat ini adalah fakta bahwa Baba Ayako selalu berkomunikasi dengan pengawas pendidikan. Untuk apa dan alasan apa yang membuat Baba kembali ke sekolah, masih belum jelas. Mampukah siswi berusia 35 tahun ini akhirnya menyelesaikan semua masalah yang ada di sekolah? Apa sebenarnya tujuannya kembali datang ke sekolah?

Ini serial favorit Kelana selama tahun 2013. Selain karena ada Junpei (hehehe), ceritanya sendiri benar-benar menarik. Sejak awal kita sudah dibuat penasaran dengan siapa sebenarnya siswa berusia 35 tahun ini. Dan yang lebih tidak terduga adalah otak dari semua bullying yang terjadi di sekolah. Meski bullying bukan lagi tema yang terlalu istimewa di serial Jepang umumnya, tapi Yonekura Ryoko—yang dikenal juga sebagai queen of drama—berhasil memerankan sosok misterius Baba Ayako. Kisah di drama ini banyak menyentuh sisi kemanusiaan. Bahwa berhasilnya sebuah pendidikan bukan melulu tanggung jawab guru dan sekolah. Tapi guru, sekolah, orang tua dan lingkungan-lah yang harus bahu membahu menciptakan lingkungan pendidikan yang layak untuk siswa.

SMA masa kini seperti tanah kosong tersia-sia. Bullying, bolos, depresi. Seperti harus bernafas di bawah air untuk bertahan. Dan tidak hanya untuk siswa. Guru dan orang tua, harus meminta maaf untuk kesalahan mereka. Hanya ada sedikit harapan sekarang. Tapi jika seperti ini, kegelapan tidak akan berakhir. Bisakah siswa SMA berusia 35 tahun menemukan sesuatu?

Rate : 5/5
Author : #Kelana

Toshi Densetsu no Onna season 2

Kisah tentang seorang detektif polisi yang sangat terobsesi dengan legenda masyarakat. Seri ini adalah season kedua dari serial Toshi Densetsu no Onna atau Kawaii Detective yang sudah pernah tayang juga di tahun 2012.

Otonasihi Tsukiko (Nagasawa Masami) adalah seorang polisi wanita cantik yang sangat terobsesi dengan legenda masyarakat. Kadang ia bahkan memanfaatkan kecantikannya untuk menyelesaikan berbagai kasus. Seperti season sebelumnya, Otonasi selalu diikuti oleh pengagum setianya, Katsuura Hiroto (Mizobata Junpei) kemana pun berada. Di season ini ada 7 kasus yang diselesaikan oleh Tsukiko. Meski sebenarnya tiap kasus yang terjadi, pada akhirnya dapat dijelaskan secara ilmiah, tapi bukan Tsukiko jika obsesi anehnya selesai begitu saja. Kisah cinta Katsuura pun tidak pernah happy ending, karena tiap kali Tsukiko mengiyakan ajakan kencan, ia lebih dulu menghilang entah kemana.

Yep, serial ini memang membahas beberapa hal yang menjadi legenda di Jepang. Dan ternyata memang setiap negera memiliki legenda serta ceritanya masing-masing. Cerita yang turun temurun, entah dari mana dan entah diceritakan oleh siapa dan kadang tidak bisa dicerna logika.

Rate : 3,5/5
Author : #Kelana

Ando Lloyd (A.I Knows Love?)

Serial akhir taon yang baru selesai belum lama ini. Banyak yang mengatakan sebagai serial mahal, karena memasangkan aktor kawakan Kimura Takuya dan juga Shibasaki Kou untuk kedua kalinya.

Menceritakan tentang seorang profesor fisika genius, Matsushima Reiji (Kimura Takuya) yang karena penemuannya, terbunuh. Menyusul terbunuhnya Reiji, Ando Asahi (Shibasaki Kou) yang juga tunangan Reiji menjadi incaran para pembunuh. Tidak main-main, para pembunuh ini adalah polisi android dari masa depan dengan kemampuan di atas rata-rata polisi masa kini.

Kehadiran seoang android bernama ARX II-13 yang kemudian dikenal sebagai Ando Lloyd (Kimura Takuya), membuat hidup Asahi semakin kacau. Meski Lloyd bertugas melindungi Asahi, tapi wajah Lloyd yang mirip dengan Reiji membuat Asahi semakin terombang ambing. Bisakah pada akhirnya Ando Asahi membuka hatinya dan melanjutkan hidup meski tanpa Reiji? Atau Reiji sebenarnya masih hidup di suatu tempat?

Banyak yang menunggu serial ini karena pairing Kimuta-Shibasaki Kou kedua kalinya, setelah drama hits mereka beberapa tahun silam. Kelana sendiri sih blon pernah nonton drama lama mereka, tapi Kelana bisa merasakan chemistry keduanya di serial ini. Serial yang tidak terlalu romantis sebenarnya, tapi dibumbui action yang tidak main-main juga. Seperti halnya di Mr. Brain, sosok Kimuta sangat cocok memerankan karakter fisikawan jenius. Lalu Shibasaki Kou, sepertinya doski memang ditakdirkan selalu menjadi pasangan seorang fisikawan ya (setelah berpasangan dengan Yukawa-sensei di Galileo). Meski tidak semua fakta/teori fisika di serial ini nyata, tapi untuk genre fiksi-imilah, jelas serial ini menarik dan rekomended untuk ditonton. Akhir tahun masih bingung? Serial ini bisa jadi pilihan, hehehehe

Rate : 5/5
Author: #Kelana

Nah bagaimana reviewnya? tertarik coba kah?  mulai dari pendatang baru sampai pemain kawakan semuanya ada, ceritanya nggak kalah bagus dengan tahun2 kemarin, yup sampai ketemu di review dorama part selanjutnya ^^

Written by Niken [Twitter] and Kelana [Blog / FB / Twitter]
Only posted on pelangidrama.net
Don’t Repost to Other Site!!!

6 pemikiran pada “[Kaleidoscope] Drama Jepang Tahun 2013 Part 1

  1. “Kalau biasanya lead male dalam drama itu ganteng, smart, perfect lah, maka di Yamada ini semua teori itu terpatahkan, hahahaa.. Yamada ngga ganteng, bodoh, dan ceroboh lagii.”

    Bwener banget mbak Niken, amit-amit lucunya, sampe sakit perut XD

    Suka

  2. SO GREAT MBAK XD
    jadi penasaran…
    apalgi yang hanzawa itu udah kebukti pemecah rekor!
    hehe ada yang mau buat sinopnya? 😛
    btw, semoga selese dulu deh project jepangnya tahun ini hihihi
    GANBATTE 😀

    Suka

  3. yaaa, Hanzawa Naoki pokoknya outstanding deh.. ada sih rencana mo buat sinopsisnya, tapi sampe Februari ini bakal sibuk terus, jd tertunda deehh 😛

    hahahaa, ari bisa aja.. dulu mah jarang bgt nonton dorama, eh sekarang malah kebanyakan dorama yang di'ikutin ^^

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s