[Review J-movie] Platina Data “ … Kita hanya melarikan diri … “

Konichiwa, minna-san … Kelana’s back. Ini postingan Kelana yang pertama di awal taon 2014. Apa kabar semua? Semoga masih tetep setia menyimak setiap postingan di Pelangi Drama ya, hehehe (modus)

Platina Data / Puratina Deta / プラチナデータ

Sutradara : Keishi Ohtomo
Penulis : Keigo Higashino (novel), Hideya Hamada
Produser : Julie K. Fujishima, Minami Ichikawa
Sinematografi : Akira Sako
Tanggal release : 16 Maret 2013
Waktu tayang : 134 menit
Genre : Suspense / Mysteri / Sains-fiksi
Distributor : Toho
Bahasa : Jepang
Negara : Jepang
Musik : Hiroyuki Sawano
Editing film : Tsuyoshi Imai
Desain Produksi : So Hashimoto

Yap, postingan Kelana kali ini adalah tentang movie taon 2013 yang dibintangi sama salah satu personil Arashi, yakni Kazunari Ninomiya a.k Nino. Dan si abang satu ini rupanya kembali dengan movie bergenre sains-fiksi. Hmmm … seperti apa sih doski di sini? Simak yuk ^_^

Kazunari Ninomiya sebagai Ryuhei Kagura

Peneliti jenius penggagas serta perancang sistem analisis DNA untuk membantu kepolisian menemukan pelaku kejahatan.

Etsushi Toyokawa sebagai Detektif Reiji Asama

Seorang detektif polisi di MPD. Memiliki insting tajam dan jika ada satu hal yang menarik perhatiannya, dia tidak akan pernah melepaskannya.

Honami Suzuki sebagai dokter Eriko Mizukami

Seorang dokter ahli DNA sekaligus psikolog yang menangani Saki Tateshina.

Katsuhisa Namase sebagai Takashi Shiga

Polisi yang berhubungan langsung dengan pengungkapan kasus yang berhubungan dengan DNA manusia.

Anne Watanabe sebagai Risa Shiratori

Asisten sekaligus partner Ryuhei Kagura. Si cantik yang misterius.

Kiko Mizuhara sebagai Saki Tateshina

Seorang gadis autis yang memiliki kecerdasan luar biasa di bidang matematika. Dia sang perancang program analisis DNA. Partner Ryuhei Kagura.

Plot

Pada tahun 2017, pemerintah Jepang secara rahasia mengembangkan cara mengontrol DNA manusia. Ryuhei Kagura (Kazunari Ninomiya) adalah seorang saintis top di bidang analisis DNA. Dia bekerja di institusi di bawah National Police Agency (NPA) dalam bidang analisis DNA.

Adegan film dimulai saat seorang Detektif senior Reiji Asama (Toyokawa Etsushi) tiba di National Police Authority’s Special Analysis Research Institute (SARI) saat pertemuan tentang penggunaan sistem profiling baru berbasis DNA untuk menangkap pelaku kejahatan. Meski metode baru ini ‘luar biasa’, tapi detektif Asama merasa jika data yang digunakan ilegal. Hal ini sebenarnya disadari juga oleh Ryuhei sang pembuat sistem analisis DNA ini.

Rupanya hal ini secara rahasia dilakukan juga untuk mengumpulkan data dari semua masyarakat. Keadaan menjadi buruk saat beberapa pembunuhan terjadi di dalam SARI sendiri. Salah satu korbannya adalah partner Ryuhei sendiri, Saki Tateshina (Mizuhara Kiko), seorang penderita savant syndrome yang juga genius dalam matematika. Dia yang selama ini membantu Ryuhei membut programnya. Ryuhei melakukan analisis DNA dari TKP, dan begitu terkejut saat mengetahui dirinyalah yang muncul sebagai hasil akhir analisis DNA.

Ryuhei menjadi tersangka utama. Kehidupan tenang Ryuhei pun mendadak berubah. Ia menjadi buronan polisi dan semua orang. Satu-satunya kunci untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi adalah menemukan program terakhir yang baru dibuat oleh Saki. Tapi nyawa menjadi taruhannya. Mampukah pada akhirnya Ryuhei menemukan siapa pelaku pembunuhan Saki? Atau justru dirinyalah pelaku pembunuhan itu?

Catatan

Movie ini dibuat berdasarkan novel Platina Data yang dipublikasikan secara berseri di Papyrus sejak 2006 dan berupa novel di Gentosha pada 1 Juli 2010. Pengambilan gambar dilakukan pada Februari hingga April 2012.

Kelana’s comment ;
Sepertinya Kelana sudah benar-benar kesengsem sama movie yang diangkat dari novel larisnya Keigo Higashino, yang selalu bergenre mistery-thriller dan tidak jarang pembunuhan. Alur ceritanya yang cerdas, rumit ditambah sentuhan sang sutradara, membuat movie adaptasi novel-novelnya selalu ditunggu.

Nino berhasil memerankan karakter Ryuhei Kagura yang cool di satu tempat, dan mendadak menjadi seorang yang frustasi di saat lain. Di sini diceritakan jika Ryuhei mengalami kepribadian ganda dimana mereka saling mengetahui tetapi mengingkari eksistensi satu sama lain. Point utama cerita pun tidak melulu pada Ryuhei. Tetapi pada detektif Asama yang dengan instingnya yang luar biasa tajam tidak mau begitu saja menyerah pada keadaan.

Sebuah plot manis untuk para pecinta misteri. Meski ada beberapa kalimat yang tidak mudah dimengerti, tapi secara keseluruhan movie ini berhasil membawa penonton pada dunia imajinasi beberapa tahun ke depan. Dan yang pasti, sebuah ending yang sama sekali tidak terduga disuguhkan di akhir cerita.

Huaaa … kebanyakan nulis nih Kelana. Nonton sendiri aja ya. Untuk ceritanya, dari 10, kelana akan memberikan nilai 8,5. Selamat menonton ^_^

Images : AsianWiki dan privat collection
Sources : AsianWiki and other sourcess
Written by Elang Kelana
POSTED ONLY ON PELANGIDRAMA
DON’T REPOST TO ANOTHER SITE

4 pemikiran pada “[Review J-movie] Platina Data “ … Kita hanya melarikan diri … “

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s