[Review T-Drama] The Outsider

Halooohaaa, rasanya lama ga nulis di PD, padahal mah baru 2 mingguan absen nulis, kekeke…
Sebelumnya Selamat hari raya idul fitri 1433 H, Mohon maaf lahir dan bathin ya, bila ada salah tulis atau komen…
Hari ini Saa mau menulis tentang drama Taiwan… ada yang surprise? secara saya Japan addict tetiba nyasar ke Taiwan. Gak ada yang aneh, jauh sebelum demam drama Korea saya adalah penikmat drama-drama Taiwan dan China. Cuma ya itu, drama Taiwan/China itu, menurut saya sinetron bangeeet,cocok ditonton saat lagi santai dan malam hari menunggu tidur, tapi drama Taiwan/China selalu bisa memberikan penggambaran romantis versi saya yang ga di dapatkan di drama Jepang maupun Korea. Romantisnya gimana? sulit diungkapkan dengan kata-kata, kekeke…
Saat ini saya mau mereview drama “The Outsider”. Yang seumuran saya pasti tau dengan drama ini, dulu pernah tayang di salah satu TV swasta Tanah Air. Para pemainnya pun sudah pernah datang promosi drama ini ke Indonesia. The Outsider merupakan drama terfavorit saya setelah They Kiss Again, drama dengan episode panjang dan berseason-season yang pernah saya ikuti, drama yang saya ikuti setelah panjangnya Cinta Fitri… alasannya, cerita drama/sinetron diatas pasaran, simple, biasa aja, nontonnya ga pake mikir, hanya ketawa2 aja lihat ekspresi masing2 pemain sambil ngilangin stress dan alasan paling real nya adalah GRATIS tinggal mantengin TV ga perlu capek-capek download hahaha… 
Detail drama:
    Title: 鬥魚 (斗鱼) / Dou Yu
    English title: The Outsiders
    Genre: Action, romance
    Broadcast network: GTV 
    Episodes: 20
    Broadcast period: 2004
    Opening theme song: Bu Gong Ping (不公平) Unfair by Jenny Yang
    Ending theme song: Lydia by F.I.R 
Pemain:
    Dylan Kuo as Yu Hao / Ah Hao / Hao Ge, Ady An as Pei Yu Yan, Lan Cheng Long as Shan Li Jie / Chan Zi, Joelle Lu as Hong Dou, Michael Zhang as Yang Xun Qi / Ah Qi, Queenie Tai as Shao Xiao Die, Pang Yong Zhi as Pang Rui Guo, Xie Cheng Jun as Ah Bao, Tan Ai Zhen as Grandma, Ken Lo as Geng Ji Xiong / Xiong Ge 

~The Outsider Season 1~

The Outsider merupakan drama yang mengambil tema kehidupan para mafia (salah satu tema favorite saya) yang dibumbui kisah romance dan persahabatan. Ceritanya bercerita tentang seorang preman bernama A Hao, ia secara tak sengaja nyemplung ke dunia mafia, memiliki keinginan untuk tobat namun tak mampu meninggal dunia per-mafia-an itu, Jadilah dia hidup setengah-setengah, mafia ga total, dibilang org baik pun tak bisa karena kelamnya kehidupannya. 
Apa alasan dia tobat? Yah dibalik suksesnya seorang pria selalu ada wanita yang mendampinginya, baik buruknya seorang pria tergantung wanita seperti apa yang ada disamping nya, benar ga?

A Hao merupakan siswa bandel di sekolah, yang ia lakukan hanya berkelahi dengan genk preman, ia memiliki dua orang sahabat setia bernama Chan Zi dan A Chi. Mereka bertiga terkenal pembuat onar di sekolah, langganan masuk kantor BP. Gak hanya disekolah, di lingkungan pun mereka dianggap sampah masyarakat karena perkelahian2 mereka. 

Romantisme berawal saat A Hao di keroyok oleh anak buah Lousho. Siao Yu Yan yang saat itu sedang pulang sekolah tak sengaja menyaksikannya. Ia pun menolong A Hao yang sekarat dan memanggilkan ambulance. Sejak mengenal A Hao kehidupan Yu Yan berubah, dari gadis pendiam, siswi cantik yang berprestasi dan dicintai para guru berubah menjadi pemberontak. Ahhh, ternyata cinta mengubah segalanya, eh salah org ganteng mengubah kepribadian, wkwkwk
Orang tua Yu Yan tentu gak tinggal diam, mereka memutuskan menyekolahkan Yu Yan keluar negeri. Namun bukannya keluar negeri, Yu Yan malah memilih kabur bersama A Hao. Dan disinilah kisah kelam yang menurutku bukan pilihan bijak mengabaikan ortu demi sebuah cinta.
Apa saja yang berubah sejak mereka memutuskan hidup bersama (tanpa pernikahan), yang pasti nih pasangan romantis pisan, A Hao nya ganteng banget (kagak nyambung ya ama definisi romantisnya), si A Hao hobi banget singletan disini, bikin mata bling-bling, hahahaa.

Sejak memutuskan bersama mereka hidup sederhana namun bahagia, A Hao selalu memenuhi semua keinginan Yu Yan, walaupun ia tak mampu, namun ia akan melakukan apapun demi Yu Yan. Hanya 1 keinginan Yu Yan yang tak dipenuhi A Hao, yaitu keinginan A Hao meninggalkan dunia per-mafia-an. Namun sebagai gantinya, A Hao berjanji tidak akan membunuh orang lagi dan bermain hitam. 

A Hao yang dikenal pemberani dan tangguh ini sangat disayangi oleh Bos besar, hal ini membuat rekan sesamanya, A Bao iri. Ia berusaha menyingkir A Hao namun tak pernah berhasil, akhirnya ia pun mengirimorang untuk memperkosa Yeu Yan. Chan Zi yang mengetahui hal ini langsung membunuh org suruhan A Bao itu dan merusak videoa rekamannya. Dan akhirnya Chan Zi pun dipenjara, Yu Yan shock, ia meminta pada Chan Zi dan Hongdou untuk merahasiakan semua nya dari A Hao. Sejak kejadian itu Yu Yan yang gadis polos dan lemah berubah menjadi gangster Girl. Ia pun terjun langsung ke dunia mafia mendampingi A Hao.
Bahkan seorang preman sekali pun mengharapkan gadis yang polos untuk bersamanya. Begitu juga A Hao, sebejat apapun dirinya, ia menyukai Yu Yan yang polos dan lemah, ia sebenarnya keberatan dengan perubahan Yu Yan yang tampil dingin dan sexy, namun ia memilih diam saja karena takut ditinggalkan YU Yan.
Empat tahun berlalu, akhirnya Chan Zi bebas dari penjara, namun ia memutuskan keluar dari dunia mafia, sementara itu hubungan A Hao dan Yu Yan menjadi renggang dan tak sehangat dulu lagi.
Dan hadirlah orang ketiga dalam hubungan mereka, tepatnya orang keempat, karena org ketiga mereka adalah Chan Zi, sahabat A Hao yang mencintai Yu Yan, namun karena rasa persahabatannya, ia memilih mengagumi Yu Yan dalam diam, dan melindungi Yen Che saat A Hao tidak ada.
Suatu hari A Hao menyelamatkan Siao De dari kejaran penjahat. Penampilan sederhana Siao De mengingatkan A Hao akan Yu Yan yang ‘dulu’, akhirnya karena merasa kesihan A Hao menyuruh Siao De tinggal di rumahnya yang dulu. Akan tetapi Siao de mengartikan lain kebaikan A Hao, ia pun jatuh cinta pada A Hao.
Sengketa antara A Hao dan A Bao semakin memanas, karena takut A Hao membunuhnya, A Bao pun menceritakan tragedi pemerkosaan 4 tahun silam. Hal ini membuat A Hao shock, ia kalap dan pergi minum-minum, saat itulah Siao De datang dan membawa A Hao ke rumahnya. Kejadian yang tak diharapkan penonton pun terjadi, u know lahh…hahaha
A Hao merasa bersalah karena telah menghianati Siao Yen Che. Karena frustasi tak mendapatkan A Hao, Siao De pun memutuskan menceritakan semuanya pada Yu Yan dan mengaku sedang mengandung anak A Hao. Yu Yan kecewa, namun ia kasihan dengan Siao De dan akhirnya meminta A Hao bertanggung jawab. Apakah A Hao mau?
Di saat situsi seperti ini, akhirnya Chan Zi mengakui perasaannya kalau selama ini ia menyukai Yu Yan. Akan kah A Hao mempersilahkan Chan Zi bersama Yu Yan?
Bagaimana nasib A chi? ia berduka karena kekasihnya Hong Dou dibunuh oleh A Bao karena A chi telah menghancurkan bisnis narkobanya. Mereka semua pun berduka, akhirnya Siao De mengakui semua kebohongannya. Perlahan – lahan hubungan A Hao dan Yu Yan membaik dan kembali hangat seperti dulu. Siao De memutuskan untuk pulang kampung.
Sebelum keberangkatannya, ia meminta A Hao menemui nya di dermaga, namun tak disangka, Siao De  terkena hasutan dan diikuti oleh A Bao, sehingga begitu A Hao sampai dermaga, ia pun mati ditangan A Bao.
Lalu bagaimana nasib Yu Yan setelah kematian A Hao? Bagaimana reaksinya saat ia tahu, ternyata ia hamil? Apakah ia menjadi single mother atau memilih bunuh diri bersama janinnya?
Akan kah Chan Zi menggantikan posisi A Hao di hati Yu Yan?
Bagimana dengan Siao De? apakah ia merasa bersalah dan bersimpati atas kondisi yang menimpati Yu Yan?
Spoiler:
Lima tahun kemudian, A Chi memutuskan menjadi petani, Chan Zi sukses dengan pekerjaannya, sementara Yu Yan menjadi guru piano disebuah TK.
Romantika mereka pun tak ada yang berubah, Yu Yan tetap sendirian dan berjanji hanya mencintai a Hao, Chan Zi pun masih tetap mencintai Yu Yan, sementara A Chi tidak berniat mencari mengganti Hongdou. sedangkan Siao De, ia memutuskan menjadi kekasih A Bao dan membunuh A Bao demi membalas dendam kematian A Hao.
===o===
Komentar:
Sebuah drama yang membuat saya, eeerrrr, nih drama tragis banget, no happy ending, tapi mengingat tema dan plotnya, rasanya memang inilah ending yang pantas. Tak ada akhirnya yang indah atas perbuatan mengabaikan ortu, hhihhi (maaf Yu Yan).
Saya penikmat cerita mafia dengan romantika yang hancur berantakan seperti ini, hihi, seperti  ‘Time Between Dog and Wolf’-nya Junki, mereka pun memiliki ending romantika yang kurang memuaskan penonton. Dimana kedua drama itu ingin memberikan pesan bahwa tak ada ending yang membahagiakan dalam kisah dunia gangster.
Oleh sebab itu, saya tidak terlalu berharap banyak pada ending saat menonton drama, saya lebih memilih menikmati sajian scene demi scene.
Scene yang sangat mengharukan adalah saat detik-detik A Hao sekarat, ia teringat semua moment bahagianya berhama Yu Yan, Saat Yu Yan hancur dengan kematian A Hao, ia mendapatkan kenyataan kalau dia hamil, sedih bangeet, ia pun berhalusinasi A Hao datang menemuinya dan memintanya melanjutkan hidupnya.
Scene romantis adalah saat A Hao menyerahkan setangkai bunga mawar di sekolah saat Yu Yan tampil main piano.
Alurnya yang konsisten, sangat saya sukai, sampai akhir Yu Yan tetap bertahan membesarkan putranya sendirian, mungkin beberapa penonton kesal, karena Yu Yan tak menerima Chan Zi, tapi disini Yu Yan sangat menghargai perasaan Chan Zi, ia tak ingin menjadikan Chan Zi sebagai tempat pelarian.
Mungkin karena protes penonton (gimana engga, disetiap drama Dhylan Kuo dipasangkan dengan si Ady, selalu aja Dhylan Kuo dibuat mati, semangat amat produser lihat Ady mewek-mewek), dibuatlah season 2 nya dengan menghadirkan Show luo pengganti kehadiran Blue Lan, setidaknya shipper Dhylan-Ady mendapat sedikit kebahagiaan disana karena A Hao ga dibuat mati, sebagai gantinya, anak yang dikandung Yen Che yang meninggal.
Seperti yang saya ceritakan, Alur drama ini manis dan menarik di awal, bosen bikin ngeselin di pertengahan, dan bikin banjir air mata di episode akhi-akhir. Tapi saya akan memasukkan drama ini kedalam HIGHLY RECOMENDED karena kocokan emosi yang ditimbulkan dan dramatisasi scene nya 😉
Soundtrack drama ini bagus, iringan musiknya sangat pas di setiap scene mendukung penonton untuk mengeksplor emosi. Salah satu OST nya dinyanyikan oleh Dylan Kuo sendiri.
 
Pemeran, duuh gimana nyeritainnya, semuanya good looking, nih drama sepertinya parade cowok cakep.
Dylan Kuo yang selalu berperan sebagai pangeran baik hati, tetiba jadi preman sadis yang ganteng, hati gadis mana yang ga klepek-klepek? Drama ini yang mengenalkan saya dengan Dylan, duh ganteng pisan manusia satu ini, tapi entah kenapa saya hanya suka Dylan di drama ini, drama lainnya Dylan jadi cowok baik-baik jd manly nya ga keluar..
Michael Zang, cocok banget jd preman seksi, hahaha, senyumannya khas playboy banget tapi ga disangka dianya setia disini.
Blue Lan (aaah pacar pertama Barby Shu ini menggoda iman banget), senyuman baik hatinya, sikap pendiamnya, duh ekspresinya lebih hidup, coba dia yg jadi hwa ce lei di meteor garden, keke ketemu deh ama yayang XD. tapi setidaknya dia senasib lah sama Vick Zhao, sama-sama ditinggalkan Barby Shu dan sama-sama stress karena patah hati, hehehe…
Ady, heemmm entah kenapa gaya dia disini koq hampir mirip ma shancai nya MG, tapi memang style kalemnya Chinese/Taiwan khan memang seperti itu. So far, dia paling serasi kalau harus bersandingan dengan Dylan Kuo, chemistry mereka berdua dapat banget, ga heran kalau Shipper nya banyak..
Okelah bagi yang ingin lihat ketampanan Dhylan Kuo, ini ada MV OST ‘The Outsider’ happy watching ^^
Bonus untuk Dylan~Ady SHIPPER
(asyiknya yang punya shipper narsis foto, karena begitu berhamburan foto narsis mereka berdua di forum-forum drama Taiwan )
 

 Thanks for reading, don’t forget to leave comment…

Written by Saa ( Twitter | Blog )
Capture image by google, many source 
Posted only on PelangiDrama
DO NOT COPAS TO OTHER SITE/FP !!!

12 pemikiran pada “[Review T-Drama] The Outsider

  1. kak saa, dewi jadi pengen nonton…
    jadi ingat drama taiwan pa hongkong ya, yang pernah tayang siang di Lele terbang (jaman dewi kelas 4sd, berarti sekitar tahun 98)…
    maaf, anak idiot tapi sangat menyayangi orang tuanya dan selalu membantu orang tuanya dengan segala kekurangan yang dimilikinya, kangen pengen nonton drama ini lagi…

    Suka

  2. jd kangen sm mereka2. Lucu baca komen saa ttg blue lan, yah walaupun sm2 patah hati blue n vick tp ambil positifnya aja mereka kan jd makin tenar dgn byknya tdrama yg mereka bintangi sbg pelakon utama, hehee..

    Suka

  3. kamu nontonnya dari kaset atau sudah lama nonton punya? Aku lagi nyari kaset film ini nih. Tp gak dapet2 di sini 😦

    Ini drama yang pertama x buat aku bergadang waktu masih SD. hahaha

    Suka

  4. oh hi again sis, gak lihar rules commentnya. anw, kamu lht ini drama baru2 ini atau udah lama punya? trs nntnnya pakai kaset ato gmna? soalnya aku udah lama beuddd cari2 ini drama. Tp di daerah ku gak jual drama ini lagi. T_T Bisa tolong di bantu?

    Suka

  5. thanks bwt infox,, oh iy skalian numpang tnya y,, sp tw ada yg bisa bantu
    sy mau nanya tentang drama yang pernah sy tonton di Indosiar
    kayaknya ini benar2 untung2an karena informasi yang saya miliki sedikit dan dramanya juga sudah agak lama.
    mudah2an agan2 taiwan drama lovers semua bisa membantu ane

    langsung aja ke deskripsi dari dramanya:
    – tayang di Indosiar sekitar tahun 2008 atau mungkin 2009 (sy lupa)
    – tayang dini hari, sekitar jam 0.00 atau 01.00
    – genrenya (kayaknya) romantic comedy
    – seingat sy, tokoh utama perempuan dan laki2nya sudah nikah, tapi masih sekolah, jadi ceritanya tentang kehidupan pernikahan lucu mereka
    – kalau gak salah, tokoh utama perempuannya ingin jadi guru

    kalo ada yg inget sm judul drama ini, tolong kasi tau y

    Suka

Tinggalkan komentar