[Preview K-Drama] What’s Up

What’s Up Yoo!!

Anis kembali dari petualangan pulau kapuk membawa oleh-oleh preview drama “What’s Up”. Sebenarnya drama ini udah digembar-gemborkan dari tahun 2010. Salah satu pertimbangan bahwa drama ini tidak akan meraih rating tinggi maka, penayangannya ditunda-tunda dan akhirnya tayang juga di akhir 2011.

Hampir semua casting What’s Up sebenarnya sedang punya projek masing-masing, sehingga dikhawatirkan akan mempengaruhi promosinya: Kim Ji Won (debut movie : Romantic Heaven) yang saat ini sedang berakting di High Kick 3, dan aktor pemeran utamanya Im Joo-Hwan (Tamra The Island, Daddy In Love) sekarang sedang melaksanakan wajib militernya, Lee Soo-Hyuk yang akan berperan di sebuah sitkom Vampire Idol (ahaai,, wajahnya emang sangat cocok jadi vampir) dan Jang Hee Jin yang menggantikan Jeo Hyun Jin yang mungkin mundur karena alasan menikah, saat promo sedang syuting Myung Wol The Spy. Lalu ada Kang Dae Sung (Big Bang) yang sebelum peluncuran drama ini bermasalah dengan kecelakaan kendaraan bermotor yang melibatkan dirinya.

What’s Up adalah salah satu dari beberapa drama yang mengangkat tema musik, seperti: Dream High yang berkisah seputar murid-murid di sekolah khusus seni musik yang mengangkat tema persahabatan, persaingan dan tak lupa cinta segi empat. Dengan rule k-drama yaitu: tokoh utama dengan bakat terpendam, tokoh utama perempuan tidak peka, lalu ada pria kedua yang so sweet dan tanpa cela dan tak lupa rival yang evil. The Musical yang walaupun syuting belakangan setelah What’s Up namun tayang lebih dulu sama-sama mengangkat tema musikal. Kalau What’s Up ber-setting di lingkungan universitas maka The Musical settingnya lebih dewasa dan tentu saja dengan percintaan yang lebih dewasa. Heheh.. ehmm, gak lupa ada Beethoven Virus yang bertema musik orkestra, dengan kisah cinta segitiga yang bikin nyesek, dimana tiga-tiganya gak jadi. Mian, rada lupa ceritanya. Sudah lama nontonnya sihh .Kalau ada drama bertema musik yang lain, tambahin yahh.. anis hanya nonton yang tiga ini soalnya..

Ok Now, Let’s check the cast!

Judul Drama : What’s Up/Zero Plus
Genre: Musical, Romance
Episode: 18
Penayangan: MBN
Periode Broadcast : 3 Desember 2011-Present
Jam Tayang : Sabtu dan Minggu 09:00 PM

Plot/Sinopsis:

Jae Hun dan dua orang temannya sering mengamati para orang mabuk dan mencuri uang mereka. Suatu hari, teman-temannya mencuri uang dari seorang pemabuk tanpa Jae Hun. Temannya tertangkap oleh polisi. Jae Hun melihatnya dan berpura-pura bertingkah seperti seorang polisi. Tentu saja polisi itu tidak percaya, Jae Hun pun mengecoh polisi tersebut dan mengajak temannya bersembunyi. Ketika bersembunyi Jae Hun mencuri sebuah sepeda motor ( ya ampun,, Jae Hun ini benar-benar remaja nakal). Karena mengendarai sepeda motor dengan serabutan tanpa sengaja Jae Hun menyebabkan kecelakaan. Ia menabrak seorang penyeberang jalan hingga terjatuh, tak lama kemudian sebuah truk menghantam pria itu. Jae Hun memungut sebuah kertas yang terbang dari tangan pria itu. Tapi untuk menjauhi polisi ia batal menolong pria yang ditabraknya. Jae Hun pergi ke sebuah alamat yang tertulis di kertas itu. Ia menuju sebuah gedung konser dan mengikuti suara musik. Ia melihat seorang penyanyi yang sedang berlatih. Saat itu jantungnya berdetak sangat cepat.

Jae Hun kembali ke tempat terjadinya kecelakaan. Ia bertanya kepada pegawai sebuah supermarket yang mengatakan kalau pria itu tidak terluka parah dan sudah dibawa ke rumah sakit. Jae Hun lega, namun sebenarnya pria itu dilarikan ke rumah sakit karena ia mati di tempat.

Esok harinya Jae Hun mengatakan pada ibunya bahwa ia ingin masuk ke universitas untuk belajar akting. Ia menceritakan pengalamannya ketika di gedung konser. Tanpa banyak bicara ibunya memberinya sebuah buku tabungan dan membiarkannya untuk mengejar mimpi. Jae Hun meminta tolong temannya untuk mengisi aplikasi untuk jurusan akting, namun temannya bertanya apakah ia bisa bernyanyi atau menari? Jae Hun menjawab tidak. Lalu temannya menulis jurusan musik di aplikasi Jae Hun.

Do Sung merilis lagu dengan menyembunyikan identitasnya menggunakan nama panggung, Hades. Lagu-lagunya menjadi sangat populer. Do Sung akhirnya mendapatkan kesempatan untuk tampil dengan lagu-lagunya di atas panggung menggunakan topeng. Saat istirahat, seorang paparazzi yang bersembunyi mengambil foto Do Sung tanpa menggunakan masker. Setelah itu Do Sung menyapa para penggemarnya dan mengatakan bahwa Hades telah mati dan mengucapkan salam perpisahan. Karena latar belakang keluarganya yang harus dirahasiakan, Do Sung tidak dapat mengungkapkan identitasnya. Do Sung menghubungi ibunya dan ibunya mengatakan akan mengurus semua masalahnya namun melarang Do Sung untuk tampil lagi di atas panggung.

Byeong Gun seorang pemuda yang lahir di sebuah keluarga kaya raya. Sebuah keajaiban ia bisa lulus, karena ketika ia memasuki ruang audisi ia bernyayi dengan datar, lemah dan gugup. Sedangkan aktingnya sendiri sangat datar. Namun kelebihannya adalah ia menghafal seluruh detil dialog. Byeong Gun mengaku pada keluarganya ia lulus di jurusan computer. Haha, Totally Liar.

Sementara itu seorang lainnya yang lulus kasting adalah Chae Young seorang artis yang berada di B-List. Ia ingin membuktikan bahwa dia bukan artis tanpa kualitas. Di ruang makan ia menyapa Byeong Gun. Dan di sinilah awal Byeong Gun naksir sama Chae Young.

Sebuah universitas tidak lengkap tanpa kepala departeman dan juga guru. Professor Yang dan Mr. Sunwoo Young. Melihat kemunculan Mr. Young di episode tiga mengingatkan anis pada kemunculan Kim Hong Do di Painter of The Wind. “Pria Itu”. Ketika kemunculan Mr. Young, asisten Prof Yang terburu-buru menyampaikan kepada Prof Yang bahwa pria itu telah muncul. Dengan dandanan mirip pengemis Mr. Young masuk ke departemen musikal dan membuat kericuhan. Dan tentu saja kemunculannya membuat Prof Yang tidak senang. Sepertinya mereka mengetahui kejadian masa lalu yang sama dan membuat mereka memiliki prinsip yang berbeda dalam mengajar dan dalam musikal. Penasaran apa itu?

Doo Ri, seorang gadis dengan ibu yang memiliki kekhawatiran berlebih padanya. Ia muncul dengan tampilan manis, namun ketika ia mulai berakting suasana berubah menjadi dramatis, penuh dengan bahasa tubuh namun seiring berkembangnya monolog yang ia lakukan ia malah berubah menjadi nyata, blak-blakan dan seperti orang marah. Ia bahkan menghampiri meja Prof Yang dan menakuti profesor bahwa ia ingin hidup seperti yang ia inginkan.

Ketika lulus Doo Ri benar-benar hidup sesuai yang ia inginkan. Ia mengkhianati segala bentuk kelucuan, barang-barang pink dan tampilan manis. Ia tampil tomboy dan pemberontak. Belum apa-apa Doo Ri sudah mencari masalah dengan Chae Young. Ia menghina Chae Young yang tampaknya ingin mengambil peran utama untuk tugas musikal pertama mereka. Ia berkata bahwa Chae Young hanya seorang aktris. Bukan aktris musikal. Chae Young membantahnya dan mengatakan Doo Ri tidak pernah mendengarnya bernyanyi. (Tapi Anis pernah dengar Chae Young nyanyi di film Crazy Waiting, and well she’s fine with that).

Lee Soo Bin adalah seorang komposer jenius yang sejak masih muda telah memenangkan berbagai macam penghargaan. Namun ia tidak pernah menerima satu wawancara pun sehingga tak seorangpun yang berkesempatan melihat wajahnya. Tapi sepertinya Chae Young mengenalnya dan ia meminta bantuan Soo Bin untuk tugas musikalnya.

Park Tae Hee datang ke Seoul untuk melakukan audisi di universitas. Di jalan menuju universitas ia berbicara dengan arwah ayahnya. Yeah, karakter yang aneh . Ayah Tae Hee adalah penyebrang jalan yang mati karena kecelakaan yang disebabkan secara tak langsung oleh Jae Hun. (ayahnya Tae Hee mati karena ditabrak truk bukan Jae Hun). Tae Hee kemudian menjadi dekat dengan Jae Hun. Karena mereka satu tim untuk tugas musikal. Akankah ada benih cinta yang timbul di antara mereka? Huhuy!

Begitulah awal pertemuan para karakter yang berada di What’s Up. Dan di bawah ini penjelasan tentang para karakter utama dalam What’s Up.

Casting:

Im Jo Hwan as Jang Jae Hun

Seorang pria pemalas, atau seorang pemalas yang produktif. Daripada pergi ke sekolah ia lebih memilih untuk mencuri uang dari para pemabuk bersama teman-temannya. Ia “tersasar” ke dunia musik karena kunjungan “tidak sengaja” ke sebuah gedung konser. Ketika akhirnya lulus ke universitas ia bahkan tidak mengerti apa itu musikal, yang membuat Do Sung dan Tae Hee tercengang.

Jang Hee Jin as Eun Chae Young

Seorang aktris terkenal yang berada di B-List. Ia ingin membuktikan bahwa ia dapat berakting. Ia adalah karakter yang mudah dibenci, namun karakternya itu muncul karena ia memiliki rasa tidak aman yang sangat tinggi. Keberadaannya sebagai aktris belum disadari penuh oleh orang-orang. Dan itu membuatnya ingin lebih diakui lagi sebagai artis.

Kang Dae Sung as Ha Do Sung

Seorang idol populer yang harus mengubur ambisinya karena rahasia keluarga yang dimilikinya. Ketika masih kecil ibunya meninggalkannya. Ia masuk ke universitas dan menjadi murid pemalu yang menyembunyikan talenta bermusiknya. Namun ia bernyanyi dengan hebat di audisi.

Im Jo Eun as Oh Doo Ri

Seorang gadis dengan tipikal pemberontak. Sebelum masuk universitas ia adalah gadis dengan imej polos dan feminim dan harus mengikuti apa yang dikatakan ibunya yang selalu mengatur segala detil urusannya. Ia ingin hidup sesuai dengan yang diinginkannya. Maka ia memotong rambutnya yang panjang ketika lulus di universitas dan menampilkan jiwa pemberontaknya.

Kim Ji Won as Park Tae Hee

Ia pribadi yang unik dan menyenangkan. Fans Lee Soo Bin dan sepertinya akan mengalami cinta segitiga dengan Jae Hun dan Dae Sung. Ayahnya meninggal karena kecelakaan yang disebabkan Jae Hun. Terkadang ia seolah-olah sedang berbicara dengan ayahnya. Sepertinya ayahnya adalah motivasi terbesarnya dalam bermusik.

Jo Jung Suk as Kim Byeong Gun

Lahir di sebuah keluarga yang kaya raya membuatnya tidak mudah untuk menjalani kehidupan yang ia putuskan sendiri. Ia harus belajar dan mempersiapkan diri untuk menjadi penerus bisnis keluarga sama halnya seperti saudara-saudaranya. Ia masuk ke universitas dan menyembunyikan identitasnya sebagai anak dari keluarga kaya. Dan tentu saja, ia menyembunyikan fakta bahwa ia belajar di universitas departemen musik dari keluarganya.

Lee So Hyuk as Lee Soo Bin

Seorang komposer jenius yang wajahnya tidak banyak diketahui publik. Ia memenangkan banyak penghargaan sejak kecil namun tak mau menerima wawancara. Satu kata MISTERIUS! Tak banyak yang bisa diketahui tentangnya. Tidak banyak bicara. Tidak memiliki emosi. Mungkin karakter Soo Bin akan lebih digali di episode-episode yang akan datang.

Kim Mi Kyung as Prof Yang

Kepala departemen musikal yang pada masa lalu ingin menjadi aktris, namun karena sulit ia memilih untuk menjadi pemeran pembantu. Ia akhirnya menjadi produksi teater namun tidak cukup baik melakukan hal itu. Hal terakhir yang dapat dilakukannya adalah mengajar di sekolah musikal. Karena hanya itulah satu-satunya yang dapat membuatnya dekat dengan panggung. _Ini kata Sunwoo Young di episode 3. Selain itu dia adalah seorang guru dengan karakter yang keras dan ditakuti para murid.

Oh Man Seok as Sun Woo Young

Seorang profesor nyentrik yang sempat memutuskan untuk berhenti mengajar karena sesuatu hal yang ia dan Prof Yang bersama-sama ketahui.

Another Cast:
Baek Jae Jin as Mister Bae
Song Ok Suk as Ibu Jae Hun
Kim Sung Ryeong as Ibu Do Sung
Yang Hee Kyeong as Ibu Doo Ri
Kim Chang Wan as Ayah Tae Hee (cameo)
Han Ye Won as teman wanita Jae Hun

Trivia:
1. What’s Up adalah pertemuan antara para casting di Tamra the Island, Im Joo Hwan (Park Kyu),Kim Mi Kyung (Ibu Beo Jin) dan Yang Hee Kyeong (Ibu Park Kyu, yang sekarang jadi Ibunya Doo Ri)
2. What’s Up ini ditulis oleh Song Jin Ah yang juga jadis criptwriter untuk drama Story of A Man, sebuah drama thriller, romance (hahah, ini sih karena dramanya keren banget menurut anis), jadi bisa jadi What’s Up ini digarap dengan plot yang keren juga.
3. Kemunculan Prof SunWoo Young mirip sama kemunculan Kim Ho Dong di Painter of The Wind. sama-sama mengundurkan diri dari dunia pendidikan. Dan menimbulkan pertentangan dengan segala “kenyentrikannya” ketika muncul kembali. sama-sama mengasingkan diri ke tempat yang jauh dari peradaban such as pegunungan dan hutan.

Nonton streaming di Youtube
Ep 1
Ep 2
Ep 3

Source + Image : Dramabeans, d-addicts
Author : jjangnisa@PelangiDrama

10 pemikiran pada “[Preview K-Drama] What’s Up

  1. Keren..keren..
    udah nonton 3 episod dan gak kecewa.
    masing-masing tokoh utama penggalian karakternya dalam..

    mudah-mudahan makin bagus di episod selanjutnya…

    tapi kalo baca2 news sih, drama ini makin keren per episodnya..

    Suka

  2. haha, dira malah tertarik nih (banyak tokoh klimaksnya mungkin tambah ribet wkwkwk)eh ada park kyu juga!!! 😀
    makasih mbak anis (panjang bener nih sukaaaaa *ngelirik blognya mbak lea ^^)

    Suka

Tinggalkan komentar