[Preview K-Drama] The Goddess of Fire, Jung Yi

Judul : Jung-Yi, The Goddes of Fire
Hangul : 불의 여신 정이
Romanisasi : Boolui Yeoshin, Jung-Yi
Direktur : Park Sung So
Penulis: Kwon Soon-Kyu, Lee Seo-Yoon
Genre : Period, Historical, Romance
Chanel : MBC
Episode : 32
Tanggal Rilis : 1 Juli– 15 Oktober 2013
Tayang : Senin-Selasa, 22:00 pm (kts)
Bahasa : Korea
            Negara: Korea   Selatan        

Drama saeguk terbaru yang menceritakan tentang perjalanan hidup dan kisah cinta pengrajin keramik wanita pertama abad ke-16 di era dinasti Joseon. Jung Yi atau dikenal juga dengan nama Yoo Jung, merupakan pengrajin wanita pertama di era Dinasti Joseon. Jung Yi lahir dari hubungan terlarang antara seorang pengrajin tembikar wanita berbakat dengan majikannya, Lee Kang Chun, seorang pengrajin tembikar istana. Ibu Jung Yi meninggal karena tertimpa tungku pembakaran setelah melahirkan Jung Yi. Jung Yi diselamatkan dan dirawat oleh ayah angkatnya, Yu Eul-Dam, seorang pengrajin tembikar berbakat yang bijaksana. Eul-Dam merupakan saingan berat Kang-Chun dalam memperebutkan posisi Rang Chong Bun Won (status pemilik tungku Bun Won, tungku pembakaran tembikar istana). Demi ambisinya menjadi Rang Chong, Kang-Chun tega menjebak Eul-Dam dengan memanfaatkan alergi yang diderita selir Gong-Bin, selir kesayangan Raja Sunjo, Raja ke-23 Dinasti Joseon, ibu Pangeran Gwang-Hae. Eul-Dam pun ditangkap dan dijatuhi hukuman. Namun karena kelahiran Pangeran Gwang-Hae, Eul-Dam dibebaskan dari penjara atas perintah Raja. Karena hal itu pulalah, Eul-Dam selalu menganggap Pangeran Gwang-Hae adalah penyelamat hidupnya.

Jung Yi bayi disusui oleh ibu Kim Tae Do yang baru saja melahirkan. Jung Yi tumbuh menjadi gadis periang dan memiliki sifat tomboy. Ia memiliki bakat yang hebat dalam membuat tembikar, bahkan ia dapat membedakan jenis tanah yang bagus untuk digunakan membuat tembikar dengan hanya mencium aromanya dan bahkan mencicipinya. Alih2 belajar membuat tembikar bersama sahabatnya, Hwa Ryeong, ia lebih suka berburu dan mengayungkan pedang dengan kakak se-susu-nya, Tae-Do.

 

Suatu hari, saat sedang berburu bersama Tae-Do di hutan, Jung Yi bertemu dengan Pangeran Gwang-Hae yang terjatuh ke dalam lubang perangkap yang dibuat Jung Yi dan Tae-Do. Alih2 menolong Pangeran Gwang-Hae, Jung Yi malah ikut terjatuh ke dalam lubang perangkap itu. Awalnya Jung Yi tidak tahu kalau Pangeran Gwang-Hae adalah seorang pangeran, ia terus berdebat dengan Pangeran Gwang Hae. Setelah beberapa pengawal istana mencari Pangeran Gwang-Hae, barulah ia percaya. Namun saking paniknya Jung Yi karena mendengar ancaman Pangeran Gwang Hae yang akan menghukumnya dan keluarganya, ia malah memukul Pangeran Gwang-Hae hingga pingsan. Semenjak hari itu, Jung Yi terus berusaha menghindar  dari Pangeran Gwang Hae yang mencarinya.

 
 

Sampai suatu hari, Pangeran Gwang Hae ditunjuk oleh Raja menjadi pemipin upacara persembahan. Ia ditugaskan menjaga guci berharga peninggalan Raja sebelumnya. Namun, Pangeran Im-Hae, kakak Pangeran Gwang Hae, iri melihat adiknya itu karena mendapat kepercayaan dari Raja. Ia yang mabuk dengan sengaja menjatuhkan guci tersebut hingga pecah. Pangeran Gwang-Hae yang bijak, tidak ingin menyalahkan kakaknya. Ia berusaha meminta bantuan Yu Eul-Dam untuk memperbaiki guci itu kembali, padahal memecahkan ataupun memperbaiki guci itu dianggap berkhianat pada negara. Pangeran Gwang Hae yang dalam perjalanan menuju rumah Eul-Dam, tanpa sengaja bertemu Jung Yi yang terjatuh dari kuda hingga Jung Yi mengira kalau guci berharga Raja pecah karena kesalahannya. Ia pun berniat memperbaiki guci itu.

 
 

Berawal dari guci itulah, lika liku kehidupan Jung Yi dimulai. Mulai dari ayahnya ditangkap karena tuduhan pengkhianatan, Jung Yi yang harus memenuhi syarat dari Raja Sunjo untuk menyelamatkan ayahnya, hingga kematian ayahnya. Jung Yi pun bertekad mewujudkan wasiat terakhir orang tuanya menjadi pengrajin tembikar wanita yang menyajikan tembikar putih terbaik kepada Raja, mematahkan aturan leluhur yang hanya memperbolehkan seorang pria yang menjadi pengrajin tembikar.

Memperkenalkan
Moon Geun Young sebagai Jung Yi

Jung Yi, pengrajin tembikar wanita pertama Korea di abad ke-16, era Dinasti Joseon. Ia memiliki bakat yang hebat dalam membuat tembikar. Saat perang berlangsung, ia diculik ke Jepang dan di sana ia menunjukkan keunggulan tembikar Joseon. Jung Yi remaja memiliki sifat tomboy, karena itu ia lebih memilih belajar mengayungkan pedang dan berburu bersama kakak sesusu-nya, Kim Tae-Do, dari pada belajar membuat tembikar. Pertemuan tidak sengajanya dengan Pangeran Gwang Hae, merupakan titik balik dari kehidupannya yang tenang dan damai. Ia bertekad masuk ke Bun Won dan belajar membuat tembikar untuk mewujudkan mimpi ayah dan ibunya yang menginginkan dirinya menjadi pengrajin tembikar wanita terbaik dan mematahkan aturan leluhur yang menyatakan bahwa hanya pria yang boleh menjadi pengrajin tembikar. Mimpi terbesar Jung Yi sekaligus wasiat terakhir orang tuanya adalah menyajikan tembikar putih terbaik kepada Raja.

Jung Yi remaja di perankan oleh Jin Ji-Hee.

 Lee Sang Yoon sebagai Pangeran Gwang Hae

Pangeran Gwang Hee adalah putra kedua Raja Sunjo, Raja ke-23 Dinasti Joseon, dengan selir Gong-Bin, selir kesayangan raja. Pangeran Gwang Hee adalah Pangeran yang bijaksana,  rendah hati dan selalu mendapat perhatian Raja Sunjo, namun orang-orang di sekitarnya berusaha menjatuhkannya, bahkan oleh kakak kandungnya sendiri. Pertemuan pertamanya dengan Jung-Yi, saat tanpa sengaja ia terjatuh ke dalam lubang perangkap buatan Jung Yi saat sedang berburu di hutan bersama Raja Sunjo dan Pangeran Im-Hae, kakaknya. Cintanya sangat dalam pada Jung Yi.

Pangeran Gwang-Hae remaja diperankan oleh No Young-Hak.
Kim Bum sebagai Kim Tae-Do

Kim Tae-Do adalah kakak se-susu Jung Yi. Ia memiliki keahlian bela diri dan sangat ahli dalam memanah, bahkan dengan mata tertutup ia bisa memanah tepat sasaran. Tae-Do sangat menyayangi Jung-Yi dan selalu melindunginya. Dengan keahlian yang ia miliki, Tae-Do dewasa bekerja sebagai pengawal pribadi sekaligus orang suruhan Ratu In-Bin. Awalnya Tae-Do menganggap Jung-Yi sebagai adik kesayangannya, namun semakin dewasa, Tae-Do mulai menyukai Jung-Yi sebagai seorang wanita.

Kim Tae-Do remaja diperankan oleh Park Geon Tae.

Park Geon Hyeong sebagai Lee Yook-Do

Lee Yook-Do adalah putra Lee Kang-Chun sekaligus kakak kandung Jung Yi. Ia tidak mengetahui kalau ayahnya memiliki anak lain selain dirinya. Yook-Do mewarisi keahlian  ayahnya, ia juga sangat kagum pada ayahnya dan ingin menjadi pengrajin tembikar hebat seperti ayahnya. Yook-Do juga sangat mengagumi keahlian Yu Eul-Dam dan ingin belajar membuat  tembikar darinya, namun karena percaya akan ucapan ayahnya yang menyudutkan Yu Eul-Dam, Yook-Doo jadi berbalik benci pada ayah angkat Jung Yi itu. Yook-Do yang bersaing dengan Jung-Yi dan Hwa Ryeong dalam menjadi pengrajin tembikar terbaik di Joseon.

Lee Yook Doo remaja diperankan oleh Oh Seung-Yun.

Seo Hyun Jin sebagai Sim Hwa-Ryeong

Hwa-Ryeong merupakan teman sepermainan Jung Yi. Hwa-Ryeong belajar membuat tembikar pada ayah angkat Jung Yi, Yu Eul-Dam, dan bertekad menjadi pengrajin tembikar terbaik di Joseon. Karena kegemaran ayahnya berjudi dan memiliki banyak hutang, Hwa Ryeong terpaksa melunasi hutang-hutang ayahnya dengan bekerja pada Sun Haeng So (pedagang Sun) dengan menggunakan keahliannya membuat tembikar. Hwa-Ryeong menyukai Kim Tae-Do, namun sayang cintanya harus bertepuk sebelah tangan.

Sim Hwa-Ryeong remaja diperankan oleh Kim Ji-Min.

Lee Kwang Soo sebagai Pangeran Im-Hae

Pangeran Im-Hae, Putra Pertama Raja Sunjo dan Selir Gong-Bin. Pangeran Im-Hae memiliki perangai yg buruk, ia sangat menyukai arak dan mabuk-mabukan setiap hari. Ia sangat membenci adiknya sendiri, Pangeran Gwang-Hae, karena menganggap Pangeran Gwang-Hae adalah penyebab kematian ibunya dan selalu berusaha menjatuhkan adik kandungnya itu. Pangeran Im-Hae berambisi menjadi Putra Mahkota dan selalu berusaha mencari perhatian raja. Namun sayang, Raja lebih menyayangi Pangeran Gwang-Hae yang bijaksana.

Pangeran Im-Hae remaja diperankan oleh Lee In Sung.

Selain kelima karakter utama tersebut, ada beberapa karakter penting dalam drama ini, antara lain ; Lee Jong-Won berperan sebagai Yu Eul-Dam, pengrajin tembikar berbakat sekaligus ayah angkat Jung Yi. Jeon Kwang-Leol berperan sebagai Lee Kang-Chun, pengrajin tembikar istana yang iri pada Yu Eul-Dam sekaligus ayah kandung Jung Yi. Dan beberapa karakter lainnya.

 
 
 
 
 

Drama ini sangat menarik, karena menceritakan kisah nyata pengrajin tembikar wanita pertama di abad ke-16, era Dinasty Joseon, Baek Pa-Sun. Bukan hanya itu saja, pendalaman karakter yang dilakukan beberapa pemainnya benar-benar patut diacungi jempol. Demi mendalami karakternya sebagai pembuat tembikar, Moon Geun-Young dan Park Geon-Hyeon bahkan belajar membuat tembikar di sebuah akademi. Daebak!!

Oh iya, Drama ini adalah Drama Saeguk pertamanya Kim Bum loh ^^. Bummie keren banget dengan rambut panjangnya :*. Gak sabar nunggu tiap episode drama ini….
Tungguin recap-nya di Pelangi Drama ya Fams ^^

Written by : Ann (Twitter|Fb)
Source: AsianWiki, Hancinema, Soompi, GoogleImage
Only Posted on pelangiprama.net
DON’T REPOST TO OTHER SITE!!!

3 pemikiran pada “[Preview K-Drama] The Goddess of Fire, Jung Yi

  1. ni drama saeguk tahun ini yg aku ikutin, dan gak ngecewain banget, nonton ni drama disuguhkan mengenai perjuangan dan ambisi meraih impian, kayak liat jang geum dulu, penuh liku, karakternya jung yi hampir mirip dgn jang geum dulu, ngotot, ngeyel, awalnya sempat mikir kalo mungkin ni drama bakalan kayak the moon endingnya, eh ternyata,,,,,,,hiikks…

    scene romancenya gak banyak sih, tapi manis, meskipun cm gitu2 aja, tp paling senangnya pas mereka masih kecil, si kimbum disini kayak legolas yg di lord of the ring, paling lucunya pas si jung yi bilang kalo ada org yg mencuri barangnya saat itu dy g th kalo itu si taedo, n bilang ciri2nya ” rambut panjang, ganteng” hehehe….

    dan yg jadi pemanis lagi selain digambarkan kompetisi dan cara2 membuat keramik, jg karena ada KwangSoo, yah alasanku nonton drama ni krn KWS dan dia tetep aja konyol si icon betrayel di RM ini membuat drama yg tegang ini jd lucu setiap dy muncul

    well, drama ini recomended banget lah, gak nyesel DL nya, gk nyesel penasarannyanya, hny sedikit kcwa dg endingnya, tp yah memang cerita aslinya jg gitu, kalo utk drama saeguk MBC kayaknya paling bagus buat drama model ginian,

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s